Berawal dari BoyBand Dangdut G4UL, Saipul Jamil Bina 11 Band di Penjara

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 02 Sep 2021 12:44 WIB
Jakarta -

Saipul Jamil baru saja dapat kembali menghirup udara segar setelah dinyatakan bebas murni dari lapas Cipinang, Jakarta Timur. Sebelum masuk penjara selama 5 tahun 7 bulan karena kasus pencabulan dan suap, Saipul Jamil dikenal sebagai penyanyi dangdut.

Pria kelahiran 31 Juli 1980 itu pernah bergabung dengan grup musik dangdut bernama G4UL. Dalam grup itu, dirinya bermusik bersama tiga personel lainnya, yakni Adibal, Dian, dan Eka Sapta.

Boyband dangdut itu kemudian memiliki album berjudul Jalan Datar yang rilis pada 2002.

Tetapi, sebelum menjadi penyanyi dangdut, artis yang akrab disapa Bang Ipul itu lebih dulu mengawali kariernya dengan menjadi model di majalah remaja.

Saipul Jamil memang tak lama bergabung dalam G4UL. Setelah hengkang, dirinya memilih bersolo karier.

Selain bermusik bersama G4UL dan bersolo karier, Saipul Jamil juga pernah berduet dengan Ira Swara dalam lagu berjudul Duet Sang Bintang. Lagu itu bahkan berhasil masuk dalam nominasi penghargaan di MTV Indonesia untuk kategori Best Dangdut.

Belakangan, dirinya juga menjadi pengisi acara di sejumlah stasiun televisi. Ia bahkan menjadi juri dari kompetisi musik dangdut.

Tidak hanya bernyanyi, Saipul Jamil juga terlibat dalam penggarapan beberapa film, di antaranya Setan Budeg (2008), Pijat Atas Tekan Bawah (2009), dan Arwah Kuntilanak Duyung (2011).

Ketika berada dalam penjara, diketahui Saipul Jamil aktif terlibat dalam kegiatan di lapas yang berhubungan dengan musik. Dirinya menjadi pembina dari 11 band yang ada di lapas.

"Terus di samping itu kita kan punya 11 grup band, dia sebagai pembinanya sebagai orang yang berpengalaman, Bang Saipul juga aktif membina grup band kita. Dan setiap hari Sabtu dan Minggu kita membuka open stage masing-masing warga binaan," kata Kalapas Kelas I Cipinang, Tonny Nainggolan.

"Jadi dia juga ikut di sana. Itu juga pembinaan, dia juga ikut bersama keluarga binaan yang lain," lanjutnya.

(srs/dar)