Berawal dari Buat Lagu, Calvin Jeremy dan Amanda Caesa Saling Belajar

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 01 Sep 2021 13:38 WIB
Calvin Jeremy & Amanda Caesa
Foto: dok. Calvin Jeremy & Amanda Caesa
Jakarta -

Calvin Jeremy dan Amanda Caesa berkolaborasi dalam lagu berjudul Why Can't We. Tidak hanya menggarapnya berdua, mereka melibatkan Abram Lembono sebagai produser dan Myia Thornton untuk mengisi bagian rap.

Perkenalan antara Calvin Jeremy dan Amanda Caesa terjadi saat keduanya tengah menjadi pengisi acara dalam ulang tahun sebuah stasiun radio.

Setelahnya, Calvin Jeremy mengajak Amanda Caesa untuk datang ke rumahnya dan berbincang. Dari rencana untuk berbincang, secara spontan keduanya pun memutuskan untuk berkolaborasi. Kebetulan saat itu, Calvin Jeremy memang memiliki program di kanal YouTube-nya yang bernama One Hour Song Challenge.

"Berawal dari cuma ngajak Caca (panggilan Amanda Caesa) ke studio terus jadi lagu itu," ujar Calvin Jeremy dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Ketika tiba di studio Calvin Jeremy dan berbincang, Amanda Caesa mengaku gugup begitu diajak untuk membuat lagu dalam jangka waktu kurang-lebih satu jam. Sebab, dirinya belum pernah menulis lagu dalam jangka waktu sesingkat itu. Namun, rupanya keduanya bisa melakukan hal itu.

Musisi, AktorCalvin Jeremy. Foto: Muhammad Ridho

"Ternyata bikin lagu yuk dalam waktu satu jam, aku kayak panik. Terus ya udah akhirnya kolab. Kami tentuin temanya ternyata bisa deh," sambung Amanda Caesa.

Setelah lagu Why Can't We rampung ditulis, Calvin Jeremy dan Amanda Caesa pun memutuskan untuk memproses lagu tersebut hingga menjadi sebuah lagu yang utuh dan bisa dirilis sebagai single.

Mereka pun mengajak Abram Lembono yang merupakan produser lulusan Berklee College of Music di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, ia mereka juga meminta musisi asal Negeri Paman Sam, yakni Myia Thornton, untuk melengkapi lagunya.

"Pas gue dengerin demonya, ini ada part yang minta rap ya. Terus gue pikir apa ajak kolaborator rap ya," tutur Calvin Jeremy.

Setelah mencari orang yang tepat, pilihan pun jatuh pada Myia Thornton. Dalam kolaborasi itu, Calvin dan Amanda sekaligus ingin membuktikan bahwa di masa kini, penggarapan lagu tetap dapat dilakukan secara jarak jauh dengan musisi dari negara lain.

Amanda Caesa saat berkunjung ke kantor detikcom.Amanda Caesa. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

"Gue ingin push the boundaries. Bikin lagu via Zoom bisa nggak berkolaborasi sama orang luar (negeri). Akhirnya kami membuktikan itu," ujar Calvin.

Menurut keduanya, selama menggarap Why Can't We bersama, mereka saling belajar dari satu sama lain. Pembelajaran itu pula yang membuat Amanda Caesa bersedia berkolaborasi dengan Calvin Jeremy.

"Aku kan juga baru banget di dunia musik. Aku lagi gencar-gencarnya untuk belajar musik sama siapapun. Apalagi kak Calvin sudah jauh lebih dulu di dunia musik. Aku mikirnya pasti bisa belajar banyak di dunia musik," terang Amanda Caesa.

Calvin Jeremy pun mengaku senang dapat membagi pengalamannya pada Amanda Caesa. "Gue tuh memang berkerinduan juga, pengalaman gue, kesalahan-kesalahan gue dimasa lalu, jangan sampai gue dilalui sama musisi muda kayak Caca gini. Gue ingin generasi (di) bawah (usia Calvin) bisa reach the full potential," timpal Calvin.



Simak Video "Serba-serbi Perbedaan Menikah Sebelum dan Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)