17 Tahun When You Love Someone, Endah N Rhesa Rilis Ulang Lagunya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 01 Sep 2021 12:21 WIB
Processed with VSCO with al1 preset
Foto: dok. Endah N Rhesa
Jakarta -

Dalam karier Endah N Rhesa, When You Love Someone menjadi salah satu lagu yang berhasil melambungkan nama mereka. Lagu itu ditulis pada 2004. Artinya, di tahun ini, lagu tersebut telah berusia 17 tahun.

Merayakan 17 tahun When You Love Someone, duo beranggotakan Endah Widiastuti dan Rhesa Adityarama itu merekam kembali lagu itu.

Hanya saja, kali ini lagu tersebut direkam dengan peralatan audio terkini yang dianggap lebih mumpuni ketimbang sebelumnya.

"Menurut gue dan Rhesa, ini lagu paling populer dan orang familiar. Kami juga ingin memberi aransemen yang lebih segar. Karena proyek ini spesial, selain outputnya hi-res audio, juga ada ide untuk memberikan unsur edukasi yang bisa diamati oleh semua orang," ungkap Endah dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Dalam rekaman ulang When You Love Someone, Endah N Rhesa turut dibantu oleh sejumlah pihak, di antaranya Eko Sulistyo, Indra Lesmana, dan Sadat Effendy.

Selain itu, Endah N Rhesa juga didukung oleh Chandra dari ChandraCom untuk merekam ulang When You Love Someone.

"Awalnya diajak Chandra dari ChandraCom untuk rekaman di studionya di Kelapa Gading dengan alat-alat yang super high end. Tujuannya bikin file yang hi-res untuk pecinta audiophile. Ini jadi kesempatan berharga untuk kami yang sebelumnya selalu bikin musik di rumah dengan pendekatan yang beda. Tentu saja kita bilang iya," cerita Endah.

Untuk mengedukasi para pendengarnya, proses rekaman When You Love Someone versi baru dapat ditonton di kanal YouTube ChandraCOm.

Karena adanya kondisi virus Corona, setiap prosesnya dikerjakan dari tempat yang berbeda. Rekaman dan mixing dilakukan di Studio ChandraCom, mastering digarap Indra Lesmana di studionya dengan metode audio remote; ia mengendalikan alat-alat di Jakarta via internet dari Bali.

Rencananya, When You Love Someone versi baru itu akan dirilis terlebih dulu dalam versi hi-res 24-bit/ 192 kHz yang bisa diakses lewat Storefront (www.the-storefront.club) dan Apple Music mulai 1 September 2021. Selanjutnya, baru kemudian akan tersedia dalam format reguler.

"Kerjasama dengan biang-biang audio ini dalam satu waktu sekaligus jadi pengalaman yang nggak bisa ditukar apapun sih. Biasanya gue yang mixing dan mastering sendiri. Sekarang dikerjakan oleh mereka," tutur Rhesa.

Sebelumnya, When You Love Someone adalah lagu yang tertuang dalam Nowhere Go yang rilis pada 2009. Lagu itu berhasil membuat Endah N Rhesa kian dikenal para pendengar musik.



Simak Video "Celetukan hingga Bau Badan Penonton Bikin Endah N Rhesa Rindu Manggung"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/pus)