Bakal Duet Bareng Kunto Aji, Ini 5 Fakta Menarik Legenda Musik, Jamrud

Jihaan Khoirunnisaa - detikHot
Jumat, 18 Jun 2021 14:10 WIB
Kunto Aji x Jamrud
Foto: Hartamurti
Jakarta -

Grup rock kenamaan Tanah Air, Jamrud, siap berkolaborasi dengan solois Kunto Aji di perhelatan A Virtual Music Celebration pada 19 Juni pukul 20.00 WIB di detikcom.

Rangkaian acara ini diselenggarakan sebagai jembatan regenerasi musik Indonesia. Adapun duet Jamrud x Kunto Aji merupakan edisi kedua, setelah sebelumnya Vincent dan Desta tampil bareng dengan Endah N Rhesa, membawakan lagu hits dari grup legendaris, Koes Plus.

Sebelum menyaksikan kolaborasi Jamrud x Kunto Aji di A Virtual Music Celebration, yuk, simak 5 fakta menarik tentang Jamrud!

1. Ikut dalam Kompilasi No. 1 Rock Metal Indonesia
Berdiri pada 1984 dengan nama Jam Rock, band ini rupanya sempat terlibat dalam sebuah kompilasi bernama No. 1 Rock Metal Indonesia di tahun 1990. Kompilasi ini melibatkan deretan pionir rock hingga speed metal Indonesia, seperti Rudal, Cleopatra, Whizz Kid, String Surabaya, Zero Beat, dan Jam Rock sebelum mereka mengubah namanya menjadi Jamrud.

2. Eks Drummer Jamrud Sempat Gabung Band Gigi
Dalam periode Jam Rock, formasi band ini sempat diperkuat oleh drummer veteran, Budhy Haryono hingga pertengahan 90-an. Selanjutnya, Budhy menjadi bagian di banyak band ternama, salah satunya adalah Gigi. Dia menggantikan drummer pertamanya, Ronald Fristianto di tahun 1997. Selain itu, Budhy juga sempat memperkuat band-band lain, seperti Karimata, Krakatau, Kla Project, hingga Tiket.

3. Jadi Band Penyandang Status '1 Juta Kopi'
Tidak banyak musisi Indonesia yang mampu menuai penjualan album hingga lebih dari 1 juta kopi. Namun, Jamrud berhasil menjadi salah satu band yang resmi menyandang status '1 Juta Kopi'. Pada 2000, mereka sukses menjual 1,8 juta kopi untuk album 'Ningrat'. Angka ini diketahui menyamai penjualan album 'Bintang Lima' dari Dewa 19 dan 'Sesuatu yang Tertunda' milik Padi.

4. Anak Gitaris Aziz Mangasi Punya Grup Hip Hop 'The Couch Club'

Sulit melepaskan pamor rock yang dimiliki Jamrud dari sang pentolannya, yaitu gitaris Aziz Mangasi Siagian. Siapa disangka, Aziz adalah ayah dari Vai Siagian, salah satu personel dari grup hip hop menjanjikan bernama The Couch Club. Sampai saat ini, diketahui The Couch Club sudah merilis 2 single berjudul 'Dawn' (2020) dan 'Beacon' (2021).

5. Rilis Album ke-14 'God Gave Rock N Roll To Me'
Perjalanan karier Jamrud tak selamanya berada di puncak. Namun, konsistensi mereka untuk terus berkarya tak pernah diragukan. Di awal 2021 ini, Jamrud telah resmi merilis album ke 14 yang diberi judul 'God Gave Rock N Roll To Me' dengan mengusung kembali energi rock 90-an mereka.



Simak Video "A Virtual Music Celebration : Endah N Rhesa X Vincent Desta"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)