Donda Akhirnya Rilis, Kanye West Tuduh Label Keluarkan Album Tanpa Izin

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 30 Agu 2021 20:04 WIB
PARIS, FRANCE - MARCH 06:  Kanye West attends the Christian Dior show as part of the Paris Fashion Week Womenswear Fall/Winter 2015/2016 on March 6, 2015 in Paris, France.  (Photo by Pascal Le Segretain/Getty Images)
Kanye West. Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Bukan Kanye West kalau tidak melakukan sesuatu yang kemudian menjadi buah bibir. Setelah memundurkan tanggal perilisan Donda sekian kali, akhirnya album tersebut rilis.

Ada 27 nomor lagu dari Kanye West di album itu. Namun, tampaknya sang musisi tidak bergembira atas dikeluarkannya album tersebut.

Alih-alih senang, ia malah menuding label rekaman yang menaunginya mengeluarkan album itu tanpa seizin dirinya.

Hal itu diungkapkan oleh pria kelahiran 8 Juni 1977 itu melalui akun Instagram-nya. Ia mengunggah sebuah foto yang bertuliskan, "Universal (label rekaman) mengeluarkan albumku tanpa persetujuanku dan mereka memblokir Jail 2 dari berada di album."

Pernyataan itu pun memancing komentar dari warganet. Lucunya, alih-laih memberi dukungan pada Kanye, kebanyakan dari mereka justru setuju dengan sikap label rekaman dari Kanye West.

Para penggemar yang memberikan komentar setuju menganggap Kanye West telah terlalu lama menunda perilisan album.

"Universal benar-benar mengeluarkannya untuk kami," kata pemilik akun @dubfourr.

"Terima kasih pada mereka. Ini adalah sekarang atau tidak selamanya," ujar pemilik akun @dbk_world.

Selain menunjukkan dukungan untuk pihak label, mereka juga mengoreksi perkataan Kanye West yang menyebutkan bahwa Jail 2 tidak ada di album.

"Jail 2 ada di album Kanye," tegur @sirchrils.

Donda bisa dibilang sebagai album yang amat sering berganti tanggal rilis. Rencana perilisan album itu telah diumumkan Kanye sejak tahun lalu.

Kanye West mengeluarkan teaser album DONDA sejak Maret 2020. Namun, di hari yang ditentukan album itu tak kunjung keluar.

Sempat tidak terdengar kabar mengenai albumnya, di tahun ini, ia berjanji akan mengeluarkannya pada 23 Juli 2021, tetapi kemudian ditunda hingga 5 Agustus dan kemudian 15 Agustus 2021.

Di tanggal yang telah dijanjikan, album yang dinanti tak juga muncul. Padahal, Kanye West dikabarkan telah pindah tinggal ke stadion demi merampungkan albumnya.

Kini Donda sudah keluar. Meski demikian, Kanye West justru mengaku album itu keluar tanpa izinya. Duh, jadi gimana?



Simak Video "Kanye West Tinggal di Stadion Mercedes-Benz Demi Rampungkan Album 'Donda'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)