Sosok Elly Kasim, Penyanyi Legendaris yang Bawa Budaya Minang dalam Musik

Tim Detikcom - detikHot
Rabu, 25 Agu 2021 09:06 WIB
Jakarta -

Industri musik lagi-lagi berduka. Penyanyi legendaris asal Sumatera Barat, Elly Kasim, meninggal dunia pada Rabu, 25 Agustus 2021 dini hari. Kabar itu diperoleh melalui pesan singkat.

Pelantun Ayam Den Lapeh itu dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit MMC Kuningan karena penyakit yang diidapnya pukul 03.48 WIB.

Elly Kasim merupakan musisi kelahiran Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatera Barat pada 27 September 1944. Ia dikenal sebagai tokoh penyanyi yang begitu berpengaruh di ranah pop minang.

Selain Ayam Den Lapeh yang menjadi lagunya yang paling populer, Elly Kasim turut memiliki sejumlah lagu hits lainnya di antaranya kasiah Tak Sampai, Ampun Mandeh, Langkisau, Cinto Ka Uda, dan lain-lain.

Dirinya pun memiliki sejumlah album di antaranya Kudaki Lari (1966), Elly Kasim (1966), Sinar Riau (1969), Suara Minang (1969), Djam Gadang (1969), Ketilang Minang (1974), dan lain-lain.

Dilihat dalam diskografi Elly Kasim yang diunggah oleh situs pengarsipan musik Irama Nusantara, selain merilis album solo, dirinya juga diketahui pernah bekerja sama dengan sejumlah musisi lainnya, di antaranya Zaenal Combo, Jan Bastian, Irni Yusnita, Tiar Ramon, dan lain-lain.

Belakangan, Elly Kasim memiliki usaha yang bergerak dalam bidang urusan pernikahan khusus adat Minang bernama Elly Kasim Collection.

Diketahui, Elly Kasim Collection sempat mengurusi acara adat malapeh bujang dan malam bainai pasangan Lesti Kejora dan Rizki Billar, serta menyediakan busana untuk pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Meski memiliki usaha di bidang pernikahan, Elly Kasim tidak pernah benar-benar meninggal dunia kesenian. Ia terus aktif sebagai musisi dan budayawan Minang.

Pada 2017, Elly Kasim menggelar konser Menjulang Bintang ,57 Tahun Elly Kasim Berdendang yang berlangsung di Taman Ismail Marzuki (TIM) dengan Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancak Voice sebagai bintang tamu.

Dirinya juga terlibat dalam pertunjukan drama musikal Siti NUrbaya yang digelar oleh Galeri Indonesia Kaya.

(srs/wes)