Willy Anggawinata Kisahkan Rasa Kesepian dalam Sunyinya Malam

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 03 Agu 2021 20:04 WIB
Willy Anggawinata
Foto: dok. Resso Indonesia/ Willy Anggawinata
Jakarta -

Musisi Willy Anggawinata merilis single berjudul Sunyinya Malam. Lagu itu dapat didengarkan secara eksklusif di layanan musik digital, Resso.

Dalam Sunyinya Malam, Willy Anggawinata bertutur mengenai rasa kesepian yang dialami oleh banyak orang. Menurutnya, saat membuat lagu itu, ia tidak hanya terinspirasi dari pengalaman pribadinya, tapi juga dari cerita orang-orang di sekitarnya.

"Tentang fase kehidupan manusia yang kita pasti pernah merasa sendirian, kesepian, kita punya banyak teman tapi mereka nggak ada yang benar-benar mengerti kita. Bisa juga ketika kita ditinggalkan oleh orang-orang yang kita sayang," ujar Willy Anggawinata dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021).

"(Lagu Sunyinya Malam berasal dari) ada pengalaman (pribadi), pengalaman teman-teman juga. Jadi aku bikin jadi satu lagu," sambung dia.

Menurut Willy Anggawinata, proses kreatif dari penggarapan lagu itu berlangsung dengan lancar. Sejak awal, pihak Resso, sebagai kolaboratornya dalam merilis single, telah memberikan arahan mengenai tema lagu.

Bagi Willy, hal itu memudahkannya dalam mencari lirik dan nada untuk lagu tersebut.

"Dari pihaknya Resso kontak aku, 'Coba bikin satu lagu dari vibe nada ini'. Aku lihat, dark banget itu. Itu jadi inspirasi aku pertama. Aku cari kira-kira lirik seperti apa yang dark dan gelap, yang cocok dengan vibe seperti ini," urainya.

"Aku mulai dari reff. Saat reff-nya sudah dapat, terus aku kerjakan verse-nya," lanjutnya.

Willy Anggawinata memulai karier bermusiknya sejak 2014. Saat itu, dirinya bergabung dalam kelompok musik bernama Eclat Story. Ia dan grup musiknya kerap membawakan cover dari musisi-musisi ternama di akun YouTube.

Setelah keluar dari band, Willy Anggawinata mencoba peruntungan dengan bersolo karier dan menulis lagunya sendiri. Sunyinya Malam adalah lagu ke-10 yang dimiliki oleh Willy.

Kerja sama dengan Willy Anggawinata, menurut Resso, adalah salah satu bagian dari komitmen mereka untuk memperkenalkan musisi pendatang baru yang potensial pada pendengar musik Indonesia.

Belakangan, Resso mencoba menggaet artis yang lagi-lagu covernya dikenal melalui jejaring sosial TikTok untuk memiliki karya mereka sendiri.

Artist & Music Development Manager Resso Indonesia, Matthew Tanaya, mengatakan kerja sama yang berlangsung antara pihaknya dan musisi pendatang baru bertujuan untuk memperkenalkan karakter asli dari artis tersebut. Dalam kerja sama dengan Willy, Resso mencoba memperkenalkan sosoknya tidak hanya sebagai penyanyi, tapi juga penulis lagu.

"Kayak Willy, kami start dengan cover artist project karena kami cari yang lagi viral di TikTok. Next, kamilihat apa yang artist butuhkan. Buat Willy, kami lihat dia punya talent di song-writing. Ketika kami approach Willy untuk lagu ini, bisa nggak tulis lagu dengan vibe yang lagi trend di TikTok," ungkap Matthew.

"Kami ingin bikin lagi original untuk konten itu. Jadi kolaborasinya itu always connected sama cerita yang dipunyai artist-nya," kata Matthew lagi.



Simak Video "Heboh! Video Santri Disebut Tutup Telinga Dengar Musik, MUI Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)