Wawancara Eksklusif

Lightcraft Bicara Hidup Layaknya Arah Musik

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 28 Jul 2021 14:26 WIB
Lightcraft
Foto: dok. Lightcraft
Jakarta -

Lightcraft tahun ini genap berusia 16 tahun. Sebagai band yang telah belasan tahun berkarier di industri musik, grup indie rock itu ingin menjajal sesuatu yang baru.

Hal itu yang membuat Lightcraft bereksperimen dan menjajal mengeluarkan karya musik yang berbeda dari sebelumnya. Harapannya, dengan menghadirkan nuansa yang lain, mereka bisa memperoleh penyegaran.

"Musical direction-nya itu something new lah buat kami. Kami bereksperimen mencoba membuat musik seperti itu. Kami coba nih tester, kami kasih hint kalau kami bawa ke arah situ gimana dan arah itu kami bawa ke Life dan (lagu) seterusnya," ujar vokalis Imam Surataruna dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Mereka membuka arah musik baru mereka dengan single berjudul Life. Lagu itu ditulis oleh vokalis Imam. Ketika menulisnya, Imam ingin mengajak para pendengarnya untuk yakin pada diri mereka.

"Sebenarnya Life itu lagunya tentang ajakan lah buat para pendengar, 'Ayok hidup nih cuman sekali dan pendek lagi'. We should take control to our lives dan hidup seperti yang membahagiakan tanpa melukai orang lain," jelas Imam.

Dalam penulisan lagunya, Imam mengaku berkaca pada perjalanan bermusik yang telah dilaluinya bersama dengan rekan-rekan satu bandnya selama belasan tahun.

"Sebenarnya kalau dari sisi song writingnya gue selalu menempatkan sifatnya banyak yang reflektif termasuk si Life ini juga. Lightcraft sebagai band yang sudah berjalan selama ini dan melihat ke belakang, banyak sekali rintangan. Itu jadi salah satu pemicunya dalam proses song writing-nya," urai Imam.

Imam melanjutkan, "Kami ngeband atas kemauan kami, ini membuat kami bahagia. Bisa direfleksikan ke diri kita masing-masing juga. Itu pesan yang sebenarnya (ingin) kami sampein ke orang".

Namun, Lightcraft pun menilai bahwa Life memiliki makna lainnya. Bagi mereka, apa yang mereka lakukan untuk memperbarui musik mereka sejalan dengan apa yang manusia lalui dalam kehidupan.

"Hidup adalah perubahan maksudnya kita kan memang harus berubah menjadi lebih baik, intinya memang sudah harus ada perubahan baik dari sisi Lightcraft, secara personel maupun lagu. Jadi kami memang ingin sesuatu yang baru. Pengen berbeda lah," tutur gitaris Fari Febrian.



Simak Video "Jadi Penyanyi, Anak Ferdy Element Akui Ada Bayang-Bayang Nama Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)