Wawancara Eksklusif

Cerita Terbentuknya Cheat Codes dari Referensi Musik yang Berbeda

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 25 Jul 2021 21:00 WIB
Cheat Codes
Foto: dok. Cheat Codes
Jakarta -

Cheat Codes merupakan trio yang beranggotakan Kevin Ford alias Kevi, Trevor Dahl dan Matthew Russell. Grup itu terbentuk di Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam wawancara virtual dengan detikcom, Matthew Russell bercerita mengenai awal terbentuknya Cheat Codes. Menurutnya, pada mulanya, ia mengenal Trevor terlebih dulu.

"Kami semua tinggal di L.A. Aku dan Trevor pernah menjadi teman serumah sebelum Cheat Codes terbentuk. Ketika kami bertemu dengan Kevi, dia telah menjadi rapper, jadi dia membuat beat. Aku dan Trevor biasa berkumpul bersama, lalu kami mulai membuat lagu," ujar Matt.

"Kami lalu mulai membawa Kevi bersama dan menciptakan lagu bersama. Ketika kita telah menciptakan berbagai lagu, kami mulai menemukan ide bahwa sebaiknya kita membuat Cheat Codes bersama," sambung Matt.

Ketiganya pada mulanya memiliki asal usul musik yang berbeda satu sama lain. Namun, seiring berjalannya waktu, mereka tidak lagi merasa kesulitan dalam mencocokan arah musik.

"Trevor mulanya adalah musisi beraliran akustik pop, dia adalah penyanyi dan penulis lagu. Kevi sudah menjadi rapper. Sementara aku saat itu berada dalam grup elektro pop bersama temanku," kisah Matt.

"Jadi kami menggabungkan seluruh referensi musik kami dan mencoba membuat sesuatu. Kami semakin mudah untuk menyatukan musik kami ketika kami setelah sekian lama pergi tur bersama, tampil di panggung bersama, ketika membuat lagu untuk Cheat Codes, kami selalu mengutamakan ide dan kemudian hal lain datang setelahnya," lanjutnya.

Meski memiliki referensi musik yang berbeda, tetapi Matt mengatakan dia dan dua personel lainnya tidak pernah benar-benar berdebat dengan sengit dalam masalah musik.

Baginya, tak sulit menyatukan ide dalam hal proses penggarapan musik. Justru, mereka lebih sering berdiskusi tentang hal lain.

"Kami tidak terlalu sering berdebat. Kami lebih sering membicarakan, misalnya, katakanlah kami memiliki 40 lagu, lalu mana yang paling kami sukai. Kami hanya ingin mengeluarkan karya dan kami mencoba yang terbaik yang kami bisa. Jadi kami biasanya berdiskusi tentang lagu mana yang akan dibuatkan video atau hal lain sebagainya, tapi tidak terlalu banyak (berdebat) tentang musik," urainya.

Kini, Cheat Codes telah merilis album perdana mereka yang bertajuk Hellraisers, Part 1.



Simak Video "Sandiaga Uno Pastikan Vaksinasi di Wisata Vaksin Gratis untuk WNI"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)