Titi Radjo Padmaja Kembali Bermusik dengan Leave and Goodbye

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 23 Jul 2021 17:53 WIB
Titi Radjo Padmaja
Foto: dok. Titi Radjo Padmaja
Jakarta -

Titi Radjo Padmaja, sebelumnya dikenal dengan nama Titi Radjo Bintang, mengeluarkan single berjudul Leave and Goodbye. Lagu itu menandai kembalinya ia ke dunia musik.

Namun, bila sebelumnya Titi lebih dikenal sebagai penggebuk drum, kali ini dirinya mencoba kebolehannya di bidang tarik suara.

Perempuan kelahiran 10 Februari 1981 itu mengatakan bahwa sebenarnya, dunia tarik suara bukan lah hal yang benar-benar baru baginya.

Karena dirinya juga menggeluti dunia akting dan menggarap scoring dari film, Titi Radjo Padmaja sebelumnya kerap kali diminta mengisi soundtrack dalam film yang ia bintangi atau yang scoring-nya ia garap.

"Sudah lama deh (tidak bermusik). Aku semenjak menikah lagi ingin fokus ke keluarga. Sebenarnya aku dari zaman dulu tuh sudah nyanyi, tapi nyanyi untuk soundtrack, orang tahunya aku main drum," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/7/2021).

Keinginannya untuk kembali bermusik muncul ketika masa pandemi virus COVID-19 tiba di Indonesia. Berdiam diri di rumah membuat ide untuk membuat lagu mengalir di kepalanya. Dirinya kemudian meminta izin kepada suaminya untuk membuat studio kecil di rumahnya yang dapat digunakan untuk merekam lagu.

"Lagu Leave and Goodbye ini berawal dari awal pandemi waktu itu. Karena kita nggak boleh keluar, aku merenung, gue sudah di rumah aja, gue ngapain ya. Akhirnya yang bisa dikerjain di rumah aja adalah musik. Akhirnya aku bilang sama suami, boleh nggak aku bikin studio kecil-kecilan kebetulan ada ruang kosong di rumah. Mulailah nyolok-nyolok sendiri, semuanya sendiri. Belajar lagi sendiri, software buat musik," ceritanya.

Dalam penggarapan Leave and Goodbye, Titi Radjo Padmaja dibantu oleh Petra Sihombing dalam penulisan lirik dan mengisi instrumen gitar.

Bagi Titi Radjo Padmaja, Leave and Goodbye adalah lagu yang terbilang personal. Sebab, dirinya pun pernah merasakan hal yang ia tuliskan dalam lagu.

"(Lagu) ini (tentang) meninggalkan sesuatu yang kita cintai. Kenapa kita tinggalkan? Karena kita ingin merefleksikan diri sendiri. Aku sebenarnya banyak (merasakan) bentuk Leave and Goodbye, salah satunya sejak aku menikah, aku meninggalkan pekerjaan yang aku cintai, meninggalkan film, meninggalkan drum," tutur Titi.

"Bukan untuk selamanya, tapi aku lebih fokus ke keluarga dan diri sendiri, jai aku lebih bisa mencintai diriku lagi. Sekarang aku bisa lebih clear lihat semuanya," sambungnya.

Pada kesempatan itu, Titi Radjo Padmaja pun mengungkapkan alasannya kembali mengganti nama belakangnya. Menurutnya, keputusannya untuk berganti nama itu adalah karena ia baru saja mengetahui sebuah fakta adat.

"Nama asli aku memang Titi Radjo Bintang, setelah papa meninggal ternyata aku baru tahu, karena ninik mamah di kampung aku, di Maninjau, mereka baru ngasih tahu kalau nama Radjo Bintang itu sebenarnya diturunkan ke anak laki-laki. Yah, ganti nama lagi deh gue," ungkapnya.



Simak Video "Potret Bahagia Titi Rajo Bintang Lahirkan Anak Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)