5 Tahap Kesedihan Vira Talisa dalam Oh Sunny Days

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 23 Jul 2021 08:07 WIB
Vira Talisa merilis Oh Sunny Days.
Foto: Syafira Muthiary/ dok. Vira Talisa
Jakarta -

Dalam menghadapi kesedihan, Elisabeth Kubler-Ross merumuskan lima tahapan yang dilalui manusia hingga ia bisa kembali bangkit, yakni penyangkalan (denial), kemarahan (anger), tawar-menawar (bargaining), depresi (depression) hingga akhirnya penerimaan (acceptance). Vira Talisa mencoba merangkum tahapan itu dalam single baru berjudul Oh Sunny Days.

Hanya saja, dalam Oh Sunny Days, Vira Talisa tidak hanya menjabarkan anak tangga demi anak tangga yang harus didaki bila ingin bangkit dari rasa terpuruk. Ia juga mengajak pendengarnya untuk yakin bahwa segala kesedihan yang ada hanya dapat diatasi bila kita memiliki keyakinan terhadap diri sendiri.

"Menjadi semangat itu bukan tergantung pada dunia luar, tapi bangkit karena diri sendiri. Lagu ini menceritakan tahapan-tahapan orang lagi sedih dan lagi marah sampe dia memutuskan untuk bangkit sendiri. Nanti akan diceritakan dalam musik videonya," ujar Vira Talisa dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/7/2021).

Vira Talisa mengaku menulis Oh Sunny Days hanya dalam kurun waktu dua hari saja. Dia juga memaparkan bahwa lagu itu adalah karya yang personal untuknya.

Sebab, perempuan kelahiran 9 Agustus 1993 itu mengakui bahwa ide dari Oh Sunny Days berangkat dari perasaan yang dirasakannya sepanjang 2020 ketika ia harus merelakan sejumlah rencana batal karena adanya pandemi virus Corona.

Tidak ingin larut dalam kesedihan, Vira Talisa mencoba mengambil perspektif lain dalam memandang pandemi, yakni sudut pandang yang lebih terang.

"Mungkin seperti banyaknya orang, tahun lalu adalah tahun yang luar biasa, cara menghadapinya efeknya beda. Gue sendiri benar-benar capek banget kalau terus sedih. Gue harus bangun dan ambil action," kenang Vira Talisa.

Vira Talisa merilis Oh Sunny Days.Vira Talisa merilis Oh Sunny Days. Foto: Syafira Muthiary/ dok. Vira Talisa

"Sadar kalau satu pintu tertutup, kita bisa ngetok pintu yang lain. Karena gue sudah bergelut di kamar lama dan nulis lagu yang banyak, lagu ini adalah momen 'klik' gue," jelasnya lagi.

Meski berkisah tentang tahapan-tahapan kesedihan yang dilalui manusia untuk dapat bangkit, Vira Talisa tak ingin membungkus lagunya dengan nuansa yang muram. Sebaliknya, dirinya mencoba menyuguhkan nada-nada yang terdengar ceria.

"Secara natural gue memang selalu ingin semuanya dilihat secara cerah. Semua musisi punya style-nya masing-masing. (Lagu terdengar ceria) natural aja," tuturnya.

"Kalau orang pertama dengar, itu instant cheer up tapi kalau mereka lihat liriknya, mereka tahu untuk menjadi positif dan happy, lo nggak bisa loncat langsung, lo harus melewati step-step itu dan itu nggak apa-apa lo mesti ngelewatin sedihnya, marahnya, depresinya sampai benar-benar eneg," kata Vira lagi.

Bersamaan dengan rilisnya lagu tersebut, Vira Talisa juga mengeluarkan video klip dari Oh Sunny Days yang digarap oleh Baday Rayhan sebagai sutradara.

"Gue membuat konsep dasar, terus dikembangin. Jadi gue bikin konsep dan ilustrasi awal, terus dikembangin lagi sama timnya Baday," ungkapnya.



Simak Video "Jadi Penyanyi, Anak Ferdy Element Akui Ada Bayang-Bayang Nama Ayahnya"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)