Andien dan Mondo Gascaro Perbarui Duet Chrisye dan Vina Panduwinata

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 17 Jun 2021 20:26 WIB
Andien, Mondo Gascaro
Foto: fauzimreza / dok. Irama Nusantara & MLDSPOT
Jakarta -

Andien dan Mondo Gascaro membawakan ulang Kisah Insani yang sebelumnya dipopulerkan oleh Chrisye dan Vina Panduwinata. Lagu tersebut tertuang dalam mini album Lagu Baru Dari Masa Lalu Volume 1 yang merupakan hasil kerja sama antara MLDSPOT dan Yayasan Irama Nusantara.

Selain Kisah Insani yang dibawakan oleh Andien dan Mondo Gascaro, ada empat lagu lainnya dalam mini album tersebut. Kelima lagu yang ada di mini album itu merupakan lagu-lagu pop Indonesia era 1980-an yang dibawakan ulang oleh sejumlah musisi.

Aya Anjani, Dhira Bongs, Kurosuke, Vira Talisa, Mondo Gascaro dan Adoria yang merupakan juara dari MLDJAZZPROJECT musim pertama adalah musisi lainnya yang berpartisipasi dalam proyek tersebut.

"Kami membuka ruang untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan visi dalam hal mengolah arsip digital musik populer yang kami miliki. Tercetuslah ide membuat rilisan dalam bentuk mini album yang nantinya bisa menjadi upaya berkesinambungan dalam melestarikan musik-musik Indonesia yang berasal dari masa lalu," ujar Program Manager Irama Nusantara, Gerry Apriryan dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Mastering mini album tersebut pun dilakukan di Abbey Road Studios, London. Prosesnya dilakukan oleh Frank Arkwright. Menurut Gerry, pihaknya memanfaatkan kemudahan teknologi untuk memboyong hasil rekaman ke London secara daring.

"Karena saat ini semuanya serba online, kami mengambil kesempatan untuk melakukan mastering di studio terbaik di dunia yakni Abbey Road Studios dan ditangani oleh Frank Arkwright dikarenakan kesesuaian portfolio kerja dia yang bisa dibilang memiliki korelasi dengan gaya musik yang tertuang di mini album ini," jelas Gerry.

Sementara itu, visualisasi mini album ini dipercayakan kepada (Lab) Rana, sebuah laboratorium fotografi analog. Ada lima fotografer yang terlibat untuk menginterpretasikan ulang setiap lagu dalam mini album melalui karya fotografi analog. Mereka adalah Fadli Aat, Syahril Zulkarnain, Sava Arum, Yassereno Omar H, dan Arief Wahyudi.

Empat lagu lainnya, selain Kisah Insani adalah Walau dalam Mimpi ciptaan David Mesakh yang dipopulerkan Ermy Kulit dibawakan oleh Dhira Bongs, senja dan Kahlua yang sebelumnya dibawakan grup musik Transs dikemas ulang oleh Kurosuke.

Ada pula kolaborasi Aya Anjani dan Parlemen Pop membawakan Terbanglah Lepas yang ditulis oleh Yockie Suryoprayogi, ayah Aya Anjani. Vira Talisa pun berkolaborasi dengan ADORIA dalam lagu Dunia yang Ternoda milik Jimmie Manopo.



Simak Video "Cara Andien Beri Pemahaman ke Kawa soal Kehadiran Sang Adik"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)