Taylor Swift Raup Rp 344 M, Kini Jadi Musisi dengan Penghasilan Tertinggi di 2020

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 22 Jul 2021 20:24 WIB
LOS ANGELES, CALIFORNIA - MARCH 14: (L-R) Laura Sisk, Taylor Swift, Jack Antonoff, Jonathan Low and Aaron Dessner accept the Album of the Year award for Folklore onstage during the 63rd Annual GRAMMY Awards at Los Angeles Convention Center on March 14, 2021 in Los Angeles, California.   Kevin Winter/Getty Images for The Recording Academy/AFP (Photo by KEVIN WINTER / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)
(Foto: Getty Images via AFP/KEVIN WINTER) Pandemi COVID-19 mempengaruhi pendapatan Taylor Swift dari Rp 1,39 triliun kini hanya Rp 344 miliar saja.
Jakarta -

Meski 2020 merupakan tahun yang sulit bagi sejumlah musisi akibat pandemi COVID-19, namun Taylor Swift ternyata masih bisa mendapatkan pundi-pundi uang hingga mencapai 17,34 juta poundsterling atau senilai Rp 344 miliar.

Lewat pendapatannya itu, Taylor Swift dinobatkan sebagai musisi dengan penghasilan tertinggi pada 2020 lewat daftar Billboard. Meskipun sebenarnya pendapatan itu jauh di bawah apa yang pernah diraihnya pada 2019 lalu yakni 70 juta poundsterling atau sebesar Rp 1,39 triliun.

Seperti halnya para musisi lainnya, pendapatan Taylor Swift pada 2020 menurun karena tak adanya konser-konser. Juga gelaran serangkaian acara jadi dilarang semenjak munculnya virus Corona.

Penyanyi berusia 31 tahun itu pun hanya memperoleh pemasukan melalui streaming yang mencapai 7,7 juta poundsterling dan penjualan album yang meraih angka yang sama, sementara sisanya merupakan penghasilan dari publisher.

Taylor Swift hanya terpaut beberapa ratus ribu poundsterling dari Post Malone yang kehilangan hingga ratusan miliar rupiah akibat pembatalan sejumlah konsernya. Post Malone disebut menghasilkan hingga 16,8 juta poundsterling di tahun 2020.

Sebelumnya Taylor Swift sempat digadang-gadang akan berduet dengan Adele. Hal itu ramai di media sosial usai salah seorang fans menemukan Broken Hearts yang disebut sebagai lagu duet mereka di Society of European Stage Authors and Composers.

Namun sayangnya isu tersebut dibantah oleh sumber dekat Taylor. Ia pun mengonfirmasi bahwa tak ada duet antara kedua penyanyi tersebut seperti yang ramai diisukan.

Pemilik album Folklore itu juga tengah disibukkan dengan sejumlah kolaborasi bersama musisi seperti Justin Vernon (Bon Iver) dan Aaron Dessner (The National) dalam proyek musik Big Red Machine pada lagu Renegade.

"Sebuah lagu yang kita tulis bersama (dengan Justin Vernon juga) dirilis hari ini! Itu berjudul Renegade. Terima kasih Aaron sudah mengundangku di pestamu," tulis Taylor Swift.

(ass/aay)