Wawancara Eksklusif

Lenka Kenang Naik Turun Perjalanan Kariernya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 11 Jul 2021 20:50 WIB
Penyanyi Indie Pop asal Australia
Lenka Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Lenka kini telah sekian lama berkecimpung di dunia musik. Baginya, bermusik adalah yang di masa muda tidak pernah ia bayangkan bakal menjadi jalan hidup dan pekerjaannya.

Ia tumbuh di keluarga musisi. Ayahnya adalah seorang penyanyi jazz sehingga ia seringkali diajak naik panggung dan bernyanyi bersama dengan sang ayah.

Penyanyi pelantun The Show itu mengaku menyukai musik sejak kecil. Melihat hal itu, keluarganya pun sangat ingin bila dirinya meneruskan jejak sang ayah.

Di masa mudanya itu, Lenka tidak langsung setuju. Dorongan keluarga malah membuatnya mencoba menghindari profesi sebagai musisi dan mencoba melakukan hal lain.

"Aku sedikit memberontak dan mencoba bekerja secara profesional sebagai aktris. Aku masuk sekolah seni tapi tidak bermusik. Aku sebenarnya suka memainkan piano di rumah dan aku suka mendengarkan musik," kenang Lenka dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Pandangannya berubah saat mulai beranjak dewasa. Di pertengahan usia 20-an ia mulai mempelajari musik lebih dalam.

"Aku mencoba menulis lagu dan ternyata menyukainya. Sejak itu aku mempelajari lebih banyak tentang piano dan teori musik. Aku mencoba menjadi musisi dan bermain (musik) dengan orang-orang. Aku bertanya ke sana ke mari, adakah yang suka musik? Adakah yang ingin bermain musik bersamaku?" tutur dia.

Ketika mencoba terjun ke dunia musik, ia pun mencoba mencari gaya bermusiknya. Tidak ingin setengah-setengah untuk mengejar impiannya, dia pun bertolak ke Amerika Serikat.

"Aku mencoba mempelajari bagaimana membangun relasi dan mencari kontrak rekaman," tuturnya.

Lenka pun mengaku dirinya merasa telat memulai karier bermusiknya. Hanya saja, tidak ada yang ia sesali. Baginya itu adalah bagian dari pengalaman yang membentuk dirinya kini.

"Perjalanan yang cukup panjang, aku berharap dapat memulainya di usia yang lebih muda. Kalau saja saya mengetahui ketertarikan saya pada musik sejak 14 tahun. Tapi tidak apa-apa, itu adalah bagian dari perjalananku," ungkapnya.



Simak Video "Kesulitan yang Dialami Jun Ji Hyun Saat Syuting Drakor 'Jirisan'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)