Profil Denny Caknan, Penyanyi Jawa yang Pernah Terlilit Utang karena Judi

Hani Arifah - detikHot
Kamis, 24 Jun 2021 08:07 WIB
Denny Caknan saat tampil di acara dHOT Music Day 2021.
Denny Caknan saat tampil di d'hot Music Day detikcom. (Foto: Grandyos Zafna/detikFOTO)
Jakarta -

Denny Caknan, penyanyi pop Jawa yang beberapa waktu lalu naik daun membeberkan kisah masa lalunya yang kelam. Pada podcast Deddy Corbuzier yang diunggah pada tanggal 22 Juni 2021 itu, Denny Caknan menceritakan bahwa dulu ia pernah terlilit hutang hingga ratusan juta karena judi.

[Gambas:Instagram]


"Di situ kesalahan kita, sih. Jadi kita judi terus, sampai punya utang 120 juta. Go*lok banget aku pokoknya. Jadi, utangnya ke bos. Jadi ada dua bos, nih... misal utang 10 juta, kita balikin 12 (juta) misalnya. Pagi gali lubang lagi utang ke yang lain, dibalikin lagi lebih lagi. Gitu terus sampai okay... kita sudah tidak bisa apa-apa, kita cuma bisa nangis," jelas Denny dalam podcast Deddy Corbuzier.

Berbanding terbalik dengan masa lalunya, penyanyi pop Jawa yang berusia 27 tahun ini kini sudah sukses meniti karier menjadi seorang penyanyi pop Jawa. Hal ini membuat nama Denny Caknan menjadi tidak asing lagi di telinga.

Bagi yang belum tahu, Denny Caknan adalah seorang penyanyi bergenre pop Jawa dan koplo yang berasal dari Ngawi. Pria dengan nama asli Deni Setiawan ini lahir pada 10 Desember 1993 (27 tahun).

Sebelum menjadi penyanyi terkenal seperti sekarang, Denny pernah bekerja di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi. Di sana, ia bekerja sebagai penanam dan perawat pohon. Saat masih bekerja di DLH Ngawi, Denny mulai membuka peluang kariernya di dunia musik.

Pada mulanya, Denny mencoba menciptakan lagu bergenre pop. Namun, lagu-lagu tersebut tidak berhasil mendapat pendengar yang pas. Alhasil, ia harus kembali memutar otak. Pada tahun 2019, Denny mengunggah lagu barunya di YouTube, tapi kali ini dengan genre yang berbeda, yaitu pop Jawa.

Viralnya unggahan video lagu tersebut membuat rekan-rekan kerja Denny kerap meminta foto. Hal tersebut kemudian menjadi alasan pengunduran diri Denny dari Dinas Lingkungan Hidup Ngawi dan fokus berkarier di dunia musik.

Lewat lagu Kertonyono Medhot Janji, Denny mulai mengeluarkan single-single yang tak kalah populer.Single-single yang dikeluarkan Denny pun langsung mendapat respons positif dari pendengar.

Beberapa lagu populer milik Denny adalah Kertonyono Medhot Janji, Sugeng Dalu, Tanpo Tresnamu, dan lagu kolaborasinya dengan penyanyi Happy Asmara, Satru.

Denny CaknanDenny Caknan Foto: dok. Instagram Denny Caknan

Hingga saat ini, Denny sudah mendapatkan banyak penghargaan dari karya-karyanya tersebut. Beberapa di antaranya adalah penghargaan untuk nominasi Lagu Patah Hati Terfavorit, Lagu Patah Hati Terbaik, dan Penyanyi Ambyar Pria Terbaik yang ia dapatkan dalam Ambyar Awards 2020 (MNCTV)

(aay/aay)