Lagu Karya Abimana Aryasatya yang Terpendam 12 Tahun Akhirnya Rilis

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 10 Jun 2021 18:02 WIB
Satine Zaneta
Foto: Satine Zaneta/ dok. Istimewa
Jakarta -

Satine Zaneta Putri Hujan atau yang dikenal sebagai Satine Zaneta mengeluarkan single perdananya yang bertajuk Utuh. Melalui lagu itu, dirinya sekaligus menandai dimulainya karier bermusik yang ia rintis.

Utuh merupakan lagu yang ditulis oleh ayah Satine Zaneta, Abimana Aryasatya bersama dengan Ario Bayu. Lagu itu sebenarnya telah tersimpan selama 12 tahun hingga akhirnya kembali ditemukan oleh Satine Zaneta.

"Lagu ini diciptakan ayah dan om ario bayu, temennya ayah. Aku pertama kali dengerin 12 tahun yang lalu, waktu ku kecil. Akhirnya tahun 2020 akhir, aku keinget satu line dari lagu ini yang bagian Utuh-nya," ungkap Satine Zaneta dalam konferensi pers virtual.

Pada 2008 silam, Abimana Aryasatya memang menciptakan lagu itu untuk istrinya. Hanya saja, lagu itu kemudian tersimpan begitu saja tanpa sempat dirilis.

Di penghujung tahun lalu, Satine Zaneta mulai memantapkan tekadnya untuk terjun ke dunia musik. Saat hendak mencoba mencari lagu untuk ia nyanyikan, dirinya teringat pada lagu yang diciptakan ayahnya.

"Aku tanya ke ayah, ini lagu ayah bukan sih? Dicari-cari ketemu (berkas lagu). Jadi ini lagu ini yang ayahh tulis 12 tahun lalu sama om Ario Bayu, sebenarnya buat ibu," jelasnya.

Namun, Satine Zaneta tidak langsung merekam lagu itu begitu saja. Ia bercerita, saat mendengarkan lagi lagu tersebut, dirinya kemudian berkeinginan memperbarui aransemen lagu tersebut agar lebih sesuai dengan karakter vokal yang ia miliki.

Abimana AryasatyaAbimana Aryasatya. Foto: dok. Instagram @abimana_arya

Perempuan kelahiran 6 September 2002 itu kemudian menggandeng Anugrah Swastadi dan Sukma Raya sebagai produser dari lagu tersebut.

"Aku izin ke ayah, boleh nggak lagunya aku bawakan dengan cara aku sendiri. Jadi dulu lagu ini tuh kayak agak ke rock gitu lah arahnya. Aku bawa ke kak Uga dan kak Uma. Akhirnya aku bilang, aku pengen deh bikin lagu arahnya ke sini. Akhirnya jadilah begini," kata dia.

Bagi Satine Zaneta, Utuh adalah lagu yang bercerita tentang keinginan untuk dipahami dan dimengerti oleh pasangan.

"Jadi yang aku tangkap dari sisi aku, lagu ini tentang seseorang yang minta ke pasangannya ingin dimengerti sepenuhnya," tuturnya.



Simak Video "Heboh! Video Santri Disebut Tutup Telinga Dengar Musik, MUI Buka Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)