Raisa Kembali ke Akar Jelang Album Baru

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 08 Jun 2021 20:42 WIB
Raisa
Foto: dok. Raisa/ Juni Records
Jakarta -

Raisa baru saja mengumumkan judul album keempatnya, yakni It's Personal. Bersamaan dengan itu, perempuan kelahiran 6 Juni 1990 itu sekaligus merilis lima lagu yang akan masuk dalam albumnya, tiga di antaranya adalah lagu yang telah rilis sebelumnya sebagai single. Kelima lagu tersebut, yaitu Ragu, Kutukan (Cinta Pertama), Tentang Dirimu, Jangan Cepat Berlalu dan Love & Let Go.

Dirinya sengaja memberi bocoran lima lagu yang akan ada dalam album karena merasa sudah tak sabar untuk membagikan karyanya pada para penggemarnya.

Berbeda dengan single yang dapat dilepas kapan saja, bagi Raisa, album adalah sesuatu yang harus dipersiapkan sebagai suatu rangkaian dan memiliki konsep yang jelas. Agar konsep itu tersampaikan, bagi Raisa, album sebaiknya didengarkan dari awal hingga akhir secara menyeluruh.

Sedangkan, ia menyadari adanya pergantian cara orang mendengarkan musik semenjak adanya digitalisasi. Oleh karena itu, sebelum benar-benar merilis album keempatnya, Raisa ingin membagikan terlebih dulu lima lagu yang mewakili warna dari albumnya kelak.

"Sesimpel aku sudah nggak sabar aja sih nunggu lagi, kelamaan banget single-single terus. Aku memang ingin ngerasain sesuatu yang kerasa temanya, kalau single demi single orang nggak tahu arahnya kemana. Sebenarnya aku sudah nggak sabar saja ngerilis album," ungkap Raisa dalam wawancara virtual, Selasa (8/6/2021).

"Sebenarnya ada satu alasan lagi, aku merasa attitude pendengar musik yang sekarang ada semacam shift. Sekarang kan streaming-base, untuk dengerin 11 lagu langsung at the time mungkin itu hal yang cukup berat, harus komitmen, konsentrasi, sedangkan album kan diniatin untuk didengarkan dari awal sampai akhir," sambung dia.

Perempuan yang akrab disapa Yaya itu mengatakan, dalam albumnya nanti, dirinya akan kembali pada akar musiknya selama ini, yakni pop balada yang mengedepankan cerita dalam penulisan lirik. Sehingga musik dari lagu-lagunya akan ia buat lebih sederhana.

Menurutnya, eksplorasi musik yang dia lakukan dalam beberapa lagu yang dirilisnya sebagai single beberapa tahun ke belakang tidak akan muncul terlalu kental dalam albumnya.

"Mungkin kalau di album, aku jauh lebih mikir, ini lebih ada temanya, cuman kalau single per single aku coba yang aku belum pernah coba sebelumnya. Dimulai dari pas sama Dipha (Barus) yang My Kind of Crazy, terus You, Mine," tutur Raisa.

"Begitu sekarang bikin album, aku harus kembali nyari, gue lagi dimana sih, arahku sekarang dimana, aku kembali lagi ke yang lagi aku rasain, aku memang sukanya simpel, straight-forward dan memang berat di ceritanya ketimbang musiknya harus diapa-apain. I'm coming back to my root," katanya lagi.

Dia pun menambahkan, musik yang sederhana dengan lirik yang naratif adalah ciri khasnya selama ini. "Aku dari dulu nggak suka yang trlalu macam-macam karena aku lebih suka nyanyi dan lebih suka bercerita. Sebelum-sebelumnya banyak single-single aku yang aku having fun, banyak bereksperimen sama aransemen. Kalau album kan jauh lebih bertema, kalau ingin ngomongin lirik lagu Raisa, itu sesuatu yang simpel," lanjutnya.

Dalam albumnya nanti, Raisa bekerja sama dengan tim produser bernama S/EEK yang terdiri dari Marco Steffiano, Adrian Rahmat Purwanto, Jessi Mates, dan Josh Kunze.

Rencananya, album baru Raisa itu akan rilis di akhir tahun ini.



Simak Video "Titi DJ Bangga 'Bahasa Kalbu' Berkumandang Lagi Berkat Raisa"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)