Wawancara Eksklusif

Dul Jaelani Terinspirasi dari Forrest Gump Saat Tulis Burung Gereja

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 31 Mei 2021 08:25 WIB
Dul Jaelani bintangi Dear Imamku
Dul Jaelani Terinspirasi dari Forrest Gump Saat Tulis Burung Gereja. (Foto: (dok. Dear Imamku)
Jakarta -

Giring Ganesha dan Dul Jaelani baru saja berkolaborasi dalam sebuah lagu bertajuk Burung Gereja. Giring menyanyikan lagu yang diciptakan oleh Dul tersebut.

Lagu itu diciptakan Dul Jaelani pada 2016. Lima tahun tersimpan, akhirnya lagu tersebut resmi dirilis. Secara lirik, Burung Gereja adalah lagu yang berkisah tentang perasaan cinta yang begitu dalam dan tanpa syarat.

Menurut Dul Jaelani, dirinya menulis lagu tersebut setelah menonton Forrest Gump (1994), film karya Robert Zemeckis yang dibintangi oleh Tom Hanks. Dialog dari film tersebut menginspirasi Dul Jaelani dalam menulis bait pertama dari lagu itu.

"Jadi kalau burung gereja itu kan identik dengan rombongan. Selalu ramai-ramai nggak pernah sendirian. Di lagu ini menceritakan ada burung gereja yang kehujanan dan kesepian. Bertolak belakang dengan burung gereja yang selalu hidup rombongan," ungkap Dul dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

"Sebenarnya aku terinspirasi dari film Forrest Gump. Itu ada waktu si Forrest-nya (Tom Hanks) ditinggal sama Jenny (Robin Wright). Dia bilang hidupku bagaikan burung gereja yang kehujanan dan kesepian," lanjut Dul.

Menurut Dul Jaelani, karena tersimpan selama lima tahun, lagu itu pun mengalami perubahan dari versi aslinya. Saat pertama kali menulis lagunya, ada nuansa alternatif rock yang kental. Sedangkan saat ini lagunya terdengar cenderung pop.

"Aku masih nyimpen rekamannya. Ada satu master yang versiku, unreleased-lah. Itu perbedaannya kalau zamanku mungkin lebih ngerock saja, drumnya asli, ada gitar melodinya, ada gitar distorsinya, lebih alternatif rock. Versinya kami kan lebih kekinian, pakai loop, nggak ada distorsi di situ, jadi ya benar-benar lebih modern juga. Lebih modernlah, lebih simpel sih," jelas Dul.

Tak hanya merilis lagunya, Dul Jaelani dan Giring Ganesha juga mengeluarkan video klip dari Burung Gereja. Video klip tersebut disutradarai oleh Upie Guava dan dibintangi oleh Yolanda Tamara.

"Ceritanya tentang ada sebuah burung, burung origami itu yang mempersatukan kedua pasangan yang saling galau, saling menanti. Jadi kayak Giring jadi dalangnya burung origami ini," kata Dul.

"Sutradaranya Upie (Guava). Dia mencoba mengeksplor terus tekniknya dia, video klip dia selalu dengan eksperimen kamera. Saya sih respect sama creative decision-nya Upie," sambung Giring.

(srs/mau)