Ada Jakarta di F Yo Love Song Milik Agnez MO

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 20 Mei 2021 20:04 WIB
Gaya nyentrik Agnez Mo
Foto: Instagram/@agnezmo
Jakarta -

Agnez Mo merilis video klip dari single barunya yang berjudul F Yo Love Song. Video klip dari lagu itu disutradarai olehnya.

Video klip tersebut dibuka dengan pemandangan sudut kota Jakarta, yakni deretan rumah susun, keramaian pasar, jalanan di sebuah perkampungan. Kamera lalu bergerak mengikuti tiga anak muda yang tengah bermain skateboard di sebuah museum.

Pembuka video klip itu, sekilas mengingatkan pada film pendek The Sailor dari Rich Brian yang disutradarai oleh Sing J. Lee. Film pendek itu rilis pada 2019, saat itu, rapper bernama asli Brian Imanuel itu tengah mengeluarkan album keduanya dan dipuji karena dirinya memperlihatkan wajah Jakarta yang terbilang berbeda, kawasan pesisir dan pelabuhan, hingga rumah susun.

Meski tidak serta merta mengambil sudut dan gambar yang sama, akan tetapi ada nuansa yang mirip terasa bila kalian menonton keduanya.

Rupanya kesamaan tidak hanya terjadi dari tampilan sudut Jakarta belaka. Adegan bergulir, tiga anak muda yang bermain skateboard di dalam museum itu kemudian menaiki anak tangga dan bertemu dengan Agnez Mo yang telah berbaris berjajar bersama para penari latarnya.

Lagi-lagi, tone warna yang ditampilkan, tidak persis, tapi meninggalkan kesan yang sama dengan yang pernah digunakan Rich Brian dalam film pendek The Sailor.

Untungnya, kesamaan itu hanya terjadi di awal video klip saja. Tiba-tiba lampu berubah terang saat Agnez Mo mulai menari di dalam museum itu yang terdapat lambang garuda menggantung di dinding. Lambang garuda yang digembar-gemborkan ada dalam video rupanya tidak terlalu berperan signifikan dalam keseluruhan video.

Adegan demi adegan berganti, Agnez Mo dan penari latarnya terkadang menari di halaman museum, ada pula saat ia menari di atas gedung pencakar langit.

Agnez Mo memang patut diapresiasi dalam upayanya menyuguhkan koreagrafi dalam video klip. Tarian yang dia suguhkan dalam video klip tersebut terbilang apik dan rampak. Hanya saja, bila mencari penghubung antara lagu yang berkisah tentang amarah seorang kekasih yang muak dengan gombalan dengan pemandangan sudut kota Jakarta dan tiga anak muda yang bermain skateboard di museum, rasanya agak sulit memahami koneksinya

Untunglah Agnez Mo memiliki basis massa penggemar yang setia mendukungnya, video klip tersebut terbilang banjir pujian, terlihat dari kolom komentar di YouTube.

"Lagunya enak, MV-nya keren. Ada traditional dance, ada lambang Pancasila gede banget tuh. Cuma bisa bantu support, go Agnez," tulis pemilik akun bernama Joko Purnomo.

"Walaupun nggak nyampe puncak gue tetap bangga sama karya-karay Agnez, moga ke depannya makin sukses," ungkap pemilik akun bernama Barata Hariono Lumban Gaol.

"Konsepnya gokil, dance-nya on point, Agnez really doing good work with her crew. Kece juga MV-nya. Artis yang benar-benar berkarya tanpa sensasi," tulis pemilik akun shuhua's babboland armyzen.

Ini bukan kali pertama Agnez Mo menampilkan unsur ke-Indonesia-an dalam lagunya. Sebelumnya, ia pernah muncul dengan tatanan rambut cornrow khas Papua dalam sebuah single. Sayangnya, niat baik Agnez Mo yang ia akui demi mempromosikan Indonesia memiliki intrepetasi yang tidak tunggal.

Gaya rambut itu, banyak diartikan, sebagai bentuk cultural appropriation terhadap warga Papua. Karena di waktu yang berdekatan, tengah terjadi tindakan rasialisme terhadap warga Papua yang berujung demonstrasi dan penutup akses internet.

Saat itu, Agnez Mo yang dianggap sebagai warga Indonesia yang memiliki privilese dianggap tidak berempati pada kejadian tidak mengenakan yang tengah menimpa warga Papua.

Video klip F Yo Love Song dapat disaksikan di kanal YouTube Agnez Mo. Sebelumnya, lagu itu telah rilis sebagai single. Agnez Mo juga telah mengeluarkan video lirik dari lagu tersebut.

[Gambas:Youtube]





Simak Video "Agnez Mo Buka Klinik Vaksin COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/aay)