25 Tahun Sheila On 7, Kenang Lagi Perjalanan Karier Mereka

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Jumat, 07 Mei 2021 13:54 WIB
Band Sheila on 7 tampil di We The Fest 2016
Foto: Asep Saepullah
Jakarta -

Sheila On 7 menandai hari lahir mereka pada 6 Mei 1996. Tahun ini, band tersebut baru saja beranjak 25 tahun. Seperempat abad bukan lah waktu yang sebentar untuk perjalanan sebuah band.

Selama itu, sejumlah album dan lagu hits telah mereka telurkan. Dan..., Kita, Berai, Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki, Pejantan Tangguh, Pemuja Rahasia, Itu Aku, Pria Kesepian, Seberapa Pantas, Sebuah Kisah Klasik, hingga Film Favorit hanyalah sedikit dari banyak lagu mereka yang kita kenal dan bahkan hapal liriknya.

Band yang kini beranggotakan Brian (drum), Eross (gitar), Duta (vokal), Adam (bass) itu terbentuk berawal dari Adam dan Sakti yang memiliki band bernama W.H.Y Gank. Berbekal rasa percaya karena Duta kerap mengisi acara 17 Agustusan di perumahan tempat Adam bermukim, Adam pun mengajak Duta menjadi vokalis.

Dalam formasi W.H.Y Gank, Adam dan Sakti kerap bertukar posisi, menjadi pemain bass atau gitaris, tergantung pada lagu yang mereka mainkan. W.H.Y Gank yang belum pernah sekali pun tampil itu sempat vakum hingga berkenalan dengan Eross dan Anton.

Eross Chandra, guitaris Sheila On 7.Eross Chandra, guitaris Sheila On 7. Foto: Asep Syaifullah

Di waktu yang sama, Eross dan Anton tengah memiliki keinginan untuk lebih serius dalam bermusik. Eross saat itu mengajak Anton yang telah bermusik bersama band sekolah.

Dalam formasi berlima, Duta, Sakti, Adam, Anton, dan Eross memutuskan untuk membuat band bernama Sheila Gank pada 1996. Nama Sheila diambil dari nama teman SMA Eross yang merupakan teman SD dari Duta dan Adam. Bagi mereka, Sheila adalah teman penghubung mereka.

Sheila On 7 di We The Fest (WTF) 2016 hari kedua.Sheila On 7 di We The Fest (WTF) 2016 hari kedua. Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto

Selama dua tahun, kelimanya kerap tampil bersama. Barulah pada 1998 mereka mendapatkan kontrak dari label rekaman dan mengganti nama menjadi Sheila On 7.

Angka tujuh dari nama mereka diambil dari tujuh nada dalam musik, yakni do, re, mi, fa, sol, la, si, do.

Bersama formasi berlima tersebut, mereka menelurkan album Sheila On 7, Kisah Klasik Untuk Masa Depan, 07 Des, OST 30 Hari Mencari Cinta, dan Pejantan Tangguh. Namun, pada 2004, drummer mereka, Anton menyatakan berpisah dari band tersebut. Tidak hanya Anton, pada 2006, Sakit pun menyatakan hengkang dari band.

Sheila On 7 saat tampil di kawasan Senayan.Sheila On 7 saat tampil di kawasan Senayan. Foto: Noel/detikHOT

Kehilangan dua personel dalam kurun dua tahun tak membuat Sheila On 7 patah semangat, Brian yang sempat menggantikan Anton sebagai pemain tambahan dalam tur Pejantan Tangguh bergabung dengan Sheila On 7 dan album Jalan Terus (The Very Best of Sheila On 7) kemudian diangkat sebagai drummer tetap dari band tersebut.

Sakti mengundurkan diri pada pertengahan pembuatan album 507. Akan tetapi, bak yang patah tumbuh yang hilang berganti, di pembuatan album itu, mereka resmi mengangkat Brian sebagai personel tetap.

Berikut diskografi dari Sheila On 7:

- Sheila On 7 (1999)
- Anugerah Terindah yang Pernah Ku Miliki (2000)
- Kisah Klasik untuk Masa Depan (2000)
- 07 Des (2002)
- OST 30 Hari Mencari Cinta (2003)
- Pejantan Tangguh (2004)
- Pria Terhebat (Pejantan Tangguh versi edar di Malaysia dan Singapura) (2004)
- Jalan Terus (The Very Best of Sheila On 7) (2005)
- 507 (2006)
- Menentukan Arah (2008)
- Berlayar (2011)
- Musim yang Baik (2014)



Simak Video "Duta Sheila on 7 Mendadak Trending di Twitter, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)