Mahen Terjebak Cinta Beda Agama dalam Seamin Tak Seiman

Tim Detikcom - detikHot
Kamis, 06 Mei 2021 14:53 WIB
Mahen
Mahen. Foto: dok. Mahen
Jakarta -

Penyanyi pop Mahen merilis single berjudul Seamin Tak Seiman yang rencananya juga akan masuk sebagai lagu dalam album perdananya. Seperti judulnya, Seamin Tak Seiman merupakan lagu yang berkisah tentang percintaan berbeda keyakinan.

Mahen mengatakan menulis lagu itu berbekal kisah yang ia dengar dan pengalaman orang-orang di sekitarnya yang mengalami hal itu. Selain itu, kisah percintaan beda agama itu juga pernah dialami oleh Mahen di masa lalu.

Sehingga lewat Seamin Tak Seiman, Mahen berharap dapat mewakili perasaan para pendengarnya yang sedang melalui hal serupa.

"Aku suka banget sama lagu ini. Tentang cinta beda agama, pasti banyak orang yang pernah atau sedang mengalami ini," ujar Mahen dalam siaran pers yang diterima detikcom.

"Mungkin lagu ini bisa menemani mereka-mereka yang sedang mengalami hal ini. Aku juga dulu pernah sih, menjalani hubungan beda agama, cinta pertama pula. Walaupun hubungannya nggak berjalan baik, tapi nggak apa-apa," sambung dia.

Bagi Mahen, dari hubungannya yang kandas itu, dirinya justru mendapat pelajaran hidup. "Dimana hubungan Seamin Tak Seiman ini menyakitkan tapi menjadi pembelajaran buat aku dan memberi aku pengalaman yang luar biasa," katanya.

Ketika menggarap Seamin Tak Seiman, Mahen terang-terangan mengaku terinspirasi dari lagu A Day with You milik Will Gittens.

Dalam proses penulisan lagu itu, Mahen berkolaborasi dengan Beraldy Dean. Menurutnya, proses penggarapan lagu tersebut tidak memakan waktu lama.

Secara musik, Mahen mengaku dirinya dan Beraldy Dean mencoba menggabungkan nuansa gospel dan musik Arabik. Hal itu menurutnya akan menggambarkan cerita yang ingin disampaikannya.

"Proses pembuatan lagunya cuma tiga hingga empat jam dibuat bareng mas Beraldy. Kami break down sama-sama lagunya, yang aransemen musiknya juga mas Beraldy. Lalu, aku kasih ide bagaimana kalau di lagu ini dikasih element sound atau chord gereja seperti suara lonceng gereja, dan diberi sedikit Arabic Sound di part tertentu. Supaya yang mendengarkan lagu ini bisa memahami rasa yang ingin kami sampaikan di lagu ini," urai Mahen.

Sebelum merilis Seamin Tak Seiman, Mahen telah lebih dulu dikenal lewat sejumlah lagu cinta, yakni Pura-Pura Lupa, Luka yang Ku Rindu, Datang Untuk Pergi, dan lain-lain.



Simak Video "Album Sebuah Cerita dari Mahen yang Bukan Hanya 'Pura-pura Lupa'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)