Kanye West Digugat Walmart soal Logo Yeezy

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 29 Apr 2021 18:29 WIB
NEW YORK, NY - FEBRUARY 12:  Kanye West performs at the Rn. 1st Annual Roc City Classic Starring Kevin Durant x Kanye West on February 12, 2015 in New York City.  (Photo by Jerritt Clark/Getty Images for Roc Nation)
Kanye West. Foto: Gettyimages
Jakarta -

Rapper Kanye West kini harus berurusan dengan Walmart usai dituding menjiplak logo Yeezy LLC. Perusahaan retail tersebut mengajukan gugatan ke US Patent karena merasa logo yang didaftarkan oleh suami Kim Kardashian tersebut mirip sekali dengan milik mereka.

Hal itu dilakukan oleh mereka usai Kanye mendaftarkan logo brand miliknya tersebut dan gugatan sudah dimasukan sejak 21 April lalu.

"Walmart percaya jika logo yang digambarkan oleh Yeezy dan membingungkan karena mirip sekali dengan desain milik Walmart yang sudah dikenal," ujar pernyataan resmi perusahaan tersebut seperti dilansir dari CNN.

Memang logo keduanya sangat mirip di mana menggambarkan sinar matahari. Jika logo Walmart digambarkan dengan delapan garis, maka Yeezy menaruh titik-titik dengan bentuk yang hampir mirip dengan mereka.

Perbandingan logo Yeezy dan Walmart.Perbandingan logo Yeezy dan Walmart. Foto: dok. Istimewa

Berdasarkan surat yang dikirimkan Walmart, mereka berdalih sudah melakukan komunikasi dengan pihak Kanye sejak Juli 2020. Namun tak ada solusi yang diberikan oleh pihak mereka.

"Hingga hari ini, kita tak juga mendapatkan informasi konklusi dari Yeezy terkait rencana penggunaan dan berbagai tindakan koperatif dalam masalah kesamaan tersebut," tulisnya.

Jika melihat dari dokumen hak cipta dan pendaftaran logo itu sudah dilakukan oleh Walmart sejak 2007, sementara pihak Yeezy baru mulai mendaftarkan itu pada Januari 2020.

Sebelumnya Kanye West berhasil dinobatkan menjadi pria kulit hitam terkaya di Amerika Serikat berkat Yeezy. Kekayaan bersihnya dilaporkan mencapai US$ 6,6 miliar atau sekitar Rp 93,72 triliun (kurs Rp 14.200).

Dilansir News Sky, Jumat (19/3/2021), jumlah kekayaan bersih Kanye West itu menurut laporan Bloomberg. Bahkan kekayaannya sudah melebihi orang kaya kulit hitam lainnya seperti investor sekaligus pengusaha Robert F Smith dan legenda basket Michael Jordan.

Dilansir dari Bloomberg, merek Yeezy dan perjanjian dengan Gap, serta raksasa pakaian olahraga Adidas berhasil menghasilkan nilai kontrak mencapai US$ 3,2 miliar hingga US$ 4,7 miliar. The new Yeezy Gap, yang akan dirilis akhir musim panas ini, diharapkan menghasilkan lebih dari US$ 970 juta.

Kanye West merupakan satu-satunya pemilik perusahaan Yeezy. Oleh karena itu, sebagian besar sumber kekayaan bersihnya berasal dari perusahaan itu.

Namun, sebagian lagi kekayaannya juga berasal dari aset-aset lainya termasuk investasi pada perusahaan istrinya Skims dengan nilai US$ 1,7 miliar.



Simak Video "Kanye West Ingin Ganti Nama Jadi Ye"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/srs)