Giring Ganesha Ajak Istri dan Anak Bernyanyi dalam Tahan Dulu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 22 Apr 2021 20:26 WIB
Musisi, Politisi
Giring Ganesha. Foto: Desi/detikHOT
Jakarta -

Godaan kerap datang ketika kita tengah menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi, setelah bulan suci berakhir, kita justru kadang rindu dan bertanya apakah tahun depan kita masih dapat menjalankan ibadah di bulan penuh hikmah itu?

Pesan tersebut yang dibawakan Giring Ganesha dalam single baru bernapaskan religi berjudul Tahan Dulu. Berbeda dari yang pernah ia keluarkan sebelumnya, dalam lagu ini, dirinya mengajak serta istri dan anak-anaknya untuk terlibat dalam penggarapannya.

Istrinya, Cynthia dan anak perempuannya, Aisha ikut mengisi suara dalam lagu tersebut. Sedangkan anak-anaknya yang lain, yakni Zidan, Abraham dan Jasmina turut tampil bersama dalam video klipnya.

Menurut Giring, ide untuk menggarap Tahan Dulu sebenarnya datang secara spontan. Saat itu, dirinya sedang rapat bersama label rekaman yang menaunginya membicarakan perilisan single solonya yang sempat tertunda karena ia sempat mengidap COVID-19 beberapa waktu ke belakang.

"Di tengah meeting besar, mau ngapain ya? Ya sudah bikin single religi, saya mau tapi harus berbeda dengan yang biasanya dikeluarkan setiap tahun," ujar Giring dalam konferensi pers virtual, Kamis (22/4/2020).

Giring Ganesha pun langsung terpikir membuat nada yang ceria dengan lirik yang dapat mudah dipahami. Untuk penggarapan lagu, dia mempercayakannya pada Simhala Avadana dan Duhita Pancatantra untuk menuliskannya. Sedangkan proses rekamannya digawangi oleh Irwan Simanjuntak sebagai produser.

Setelah lagunya selesai, ia pun mengajukan lagu itu pada Indrawati Widjaja selaku pimpinan dari label tempatnya bernaung. Tanpa disangka, perempuan yang akrab disapa Bu Acin itu justru meminta istri Giring, Cynthia untuk ikut bernyanyi dalam lagunya.

Bagi Cynthia, bernyanyi adalah pengalaman baru yang mendebarkan untuknya. Meski kerap menemani suaminya menjalani proses rekaman, tetap saja dia merasa gugup ketika harus bernyanyi.

Giring GaneshaGiring Ganesha dan keluarga mengeluarkan single Tahan Dulu. Foto: dok. Istimewa

"Merasa terhormat tapi deg-degan, tapi ya sudah deh, kita coba dulu. Ini the whole new experience, aku kan selama ini cuman nemenin dia (Giring) lihat rekaman," ungkap Cynthia.

Bagi Giring, Tahan Dulu memiliki pesan yang baik, yakni untuk mensyukuri karena dapat kembali merasakan indahnya bulan Ramadhan di tahun ini.

"Mungkin message yang ingin kami sampaikan adalah bersyukur bahwa kami masih bisa menikmati Ramadhan dan juga menikmati setiap detiknya. Ketika bangun pagi, ngantuk nyiapin sahur, kita harus sabar, itu yang harus kita ingat, kalau Ramadhan pasti akan kita rindukan apalagi kalau bisa merayakannya bersama keluarga," urai Giring.

Serupa dengan Giring, Cynthia pun merasa lagu itu memiliki pesan yang baik. Namun, Cynthia menambahkan, menurutnya Tahan Dulu adalah lagu yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

"Ini lebih ke universal, benar-benar lagu keluarga. Aku memang inginnya lagu keluarganya yang benar-benar menyenangkan, membawa aura yang kalau kita dengarkan sudah bikin senyum, happy," sambung Cynthia.

Video klip Tahan Dulu disutradarai oleh Bonita Rachel dan digarap bersama Gianni Fajri dan Alrio Gaputra. Dalam video klipnya, Giring Ganesha beserta keluarganya tampak menikmati waktu di bulan Ramadhan bersama-sama ketika tinggal di rumah.



Simak Video "Positif COVID-19, Giring Lalui Tahun Baru dengan Isolasi Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)