Ajakan Armada untuk Hidup di Jalan-Nya

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 21 Apr 2021 11:29 WIB
Armada Band
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Dalam rangka bulan Ramadhan, Armada mengeluarkan single religi berjudul Hidup di Jalan-Nya. Lagu itu ditulis oleh gitaris dan vokalis dari band asal Palembang itu, Mai dan Rizal.

Menurut Rizal, Hidup di Jalan-Nya adalah lagu yang bercerita tentang seorang hamba yang ingin bertaubat dan memperbaiki diri. Tokoh dalam lagu itu ingin meninggalkan kebiasaan buruk yang menjauhkan dirinya dari Tuhan.

"Ini tentang orang yang sadar kalau dia sudah salah jalan. Manusia itu kan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dan dia justru kebalikannya. Terus dia sadar, dia harus memperbaiki diri saat itu juga. Jadi saat dia terbersit, 'Oke gue berubah', karena perubahan yang terbaik adalah yang dilakukan saat itu juga, jangan menunda-nunda," ujar Rizal dalam konferensi pers virtual.

Mai menjelaskan proses penggarapan lagu itu terbilang cepat. Saat mereka mendapat tawaran untuk membuat lagu religi, Armada baru saja selesai rekaman untuk album selanjutnya. Kebetulan, saat itu Mai memiliki sebuah lagu yang cocok dengan nuansa bulan Ramadhan.

"Aku punya lagunya, aku kasih ke Rizal, kata dia bagus, dia bilang kerjain aja. Begitu mau take vocal ada lirik yang ditambah-tambahin sama Rizal," cerita Mai.

Bagi Mai, tidak ada tantangan berarti yang ia dan rekan satu bandnya rasakan selama penggarapan Hidup di Jalan-Nya. Lagu itu bahkan rampung hanya dalam waktu kurang lebih satu minggu.

"Alhamdulillah cukup lancar, kayaknya nggak sampe seminggu deh. Nggak lama sih. Alhamdulillah sih kayak dilancarin, semuanya dilancarkan," tutur Mai.

Drummer Armada, Andit, mengatakan Hidup di Jalan-Nya merupakan lagu yang memiliki pesan yang baik. "Mengajak orang untuk lebih mengevaluasi diri. Semoga yang dengar lagu ini jadi terbawa untuk bercermin lah," harap Andit.

Karena memiliki pesan yang baik, Rizal sengaja membuat liriknya seterus terang mungkin agar lebih dipahami oleh pendengarnya. Menurutnya, hal itu juga telah menjadi ciri khas dari lagu-lagu Armada.

"Lagu ini sebenernya tanpa harus dijelasin story-nya, sebenernya sudah jelas dari liriknya sudah menceritakan tentang apa. Polanya Armada kalau bikin lagu memang gitu, kami nggak mau terlalu banyak muter, kalo temanya A yaudah A, kami mau langsung to the point," kata Rizal.

Hidup di Jalan-Nya rilis dan dapat didengarkan secara eksklusif di layanan streaming JOOX. Selain mengeluarkan lagu religi, JOOX juga memiliki sejumlah konten Ramadhan lainnya yang berupa dakwah, konser musik spesial Ramadhan, hingga video podcast bersama Prambors.

Head of Marketing JOOX, Yuanita Agata menjelaskan pihaknya tertarik menggandeng Armada bukan tanpa alasan. "Armada adalah salah satu artis yang banyak didengarkan di JOOX dan menurut saya lagu ini sangat pas untuk didengarkan di bulan Ramadhan, membantu kita untuk refleksi diri untuk kita sama-sama menjadi pesan kita di bulan Ramadhan," jelas Yuan.



Simak Video "Perdana di Indonesia, Ini Daftar Nominasi JOOX Music Award 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)