Armada Nggak Mau di Situ-situ Saja

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 25 Okt 2020 18:44 WIB
Armada Band
Armada Band Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Terbentuk pada 2007, usia Armada kini telah belasan tahun. Sepanjang kariernya, ada lima album yang mereka telurkan. Bagi band yang digawangi oleh Rizal (vokal), Mai (gitar), dan Andit (drum) itu, sudah saatnya mereka menggali musik mereka lebih dalam lagi.

Terlebih di masa pandemi ini, mereka mengaku memiliki lebih banyak waktu untuk mencari referensi lagu. Rupanya referensi yang lebih luas membuat mereka ingin memasukan hal-hal baru dalam lagu-lagu mereka nantinya.

"Gue ingin banyak mengeksplor, karena buat gue Armada sudah cukup lah main di jalur aman. Kami sih inginnya di album baru ada beberapa yang eksplor, ada juga yang Armada banget," jelas Mai dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Mai bercerita, "Gue selama masa pandemi ini, gue semangat bermusiknya untuk bikin sesuatu yang baru itu bergejolak. Karena gue punya banyak waktu itu untuk mendengarkan berbagai jenis musik."

Gitaris dari band asal Palembang itu menyebutkan, dirinya kini mendengarkan banyak jenis musik dari pop, hip hop hingga musik cadas.

Bila sebelumnya dirinya sibuk untuk manggung, ketiadaan panggung di masa pandemi ia pergunakan untuk memperkaya perpustakaan musiknya.

Meski memanfaatkan waktu di tengah pandemi untuk menggali musik dan mencari warna baru untuk lagu-lagu Armada kelak, Mai mengatakan, bandnya tidak akan berubah secara drastis.

Mereka tetap akan mempertahankan benang merah dari musik yang selama ini telah mereka usung.

"Kalau sekarang banyak waktu (untuk mendengarkan lagu). Itu membawa gejolak, 'Oh gue pengen bikin kayak gini nih', tapi tidak menghilangkan benang merahnya Armada," jelas dia.

"Pasti benang merah dijaga, itu pasti," sambung Mai.

Baginya, saat ini adalah waktu yang tepat apabila Armada ingin melakukan penggalian musik dan menambahkan sesuatu yang baru pada lagunya.

Sebab Mai menilai, Armada telah menginjak waktu yang terbilang mapan dan dirinya merasa mereka telah melalui perjalan yang cukup panjang.

"Ini album mau masuk keenam. Sekarang nggak apa-apalah mau bereksperimen, memang sudah saatnya," ujar dia.



Simak Video "Armada Bersyukur Video Klip Terbarunya Tembus 4 Juta Penonton"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)