Gisella Anastasia Dukung PP Royalti Asal Diawasi dengan Baik

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 12 Apr 2021 19:39 WIB
Gisel di Festival Bunda Happy
Foto: Hanif Hawari
Jakarta -

Presiden Joko Widodo pada 30 Maret 2021 telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 56 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Royalti Hak Cipta Lagu dan atau Musik.

PP 56 tahun 2021 itu dikeluarkan guna memaksimalkan fungsi pengelolaan royalti yang diberikan untuk pemegang hak cipta dari lagu ataupun karya musik. Selain itu, aturan itu juga dibuat untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap pekerja seni khususnya dibidang musik dan karya-karya yang diciptakan.

Setelah diteken Jokowi, aturan itu menuai pro kontra dikalangan masyarakat. Sebagai salah satu musisi Tanah Air, Gisella Anastasia pun turut berkomentar saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (12/4/2021).

Gisel mengatakan aturan itu akan menguntungkan bagi musisi. Akan tetapi, dia mengaku masih bingung terkait pendataan.

"Iya, aku juga bingung pas ngelihat itu. Disatu sisi memang menguntungkan musisi dalam segi musiknya. Tapi, di sisi lain bingung juga ya," ujar Gisel.

"Maksudnya mendatanya gimana, sampai mana, sebesar apa tempat-tempat yang dikenain royalti? Karena kan kalau mau didata semua, kalau mau adil semua dong, sampai warung-warung kecil segala macam. Ya, repot dan ribet banget gitu," lanjut Gisel.

Meski demikian, Gisel sebagai musisi juga merasa diuntungkan jika PP tersebut disahkan. Namun, ia baru akan setuju bila dilakukan dengan sistem pengawasan yang benar dan sesuai.

"Tapi, memang kalau ada sistemnya ya monggo sih. Kalau memang ada sistemnya dan nggak memberatkan, maksudnya nggak terlalu memberatkan banget," tutur Gisel.

"Kalau aku pikirnya apa, dibikin kayak bulanan atau gimana. Karena kalau satu per satu yang stand by ngitungin siapa, kayaknya nggak mungkin banget," sambungnya.

Gisella Anastasia mengaku sangat mendukung PP ini jika memang nantinya disahkan. Ia mengaku akan selalu mendukung perubahan-perubahan positif yang muncul dikalangan masyarakat.

Namun, Gisel tetap mengingatkan agar perubahan tersebut memiliki proses dan sistem yang jelas dan adil.

"Iya, mendukung tapi jangan sistemnya nggak rapi. Jadi jangan ke satu pihak gitu. Pasti support lah selalu kalau untuk kesejahteraan bersama apalagi untuk musik. Kan aku lahir dari musik juga kan. Jadi ngerti, ngerti banget. Cuma ya kalau bisa rapi aja sih sistemnya, jelas dan adil gitu," ungkap Gisel.



Simak Video "Ambil Job Bareng Gading, Gisella Anastasia Minta Izin ke Wijin"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/srs)