Aku Takut, Nyanyian Maizura tentang Toxic Relationship

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 19:04 WIB
Maizura
Foto: dok. Musica Studio/ Maizura
Jakarta -

Maizura di awal tahun ini mengeluarkan single berjudul Aku Takut. Lagu itu digarapnya bersama Dimas Wibisana dan Bianca Nelwan. Bagi penyanyi yang juga aktris itu, lagu barunya merupakan sesuatu yang penting dan terasa dekat dengannya.

Perempuan kelahiran 7 Maret 2000 itu mengaku isu yang diangkat dalam lagu itu terasa amat dekat dengannya. Sebab dirinya juga pernah mengalami hal yang ada dalam lagunya.

"Lagu ini bercerita tentang seseorang yang ingin berpisah tapi di sisi lain dia juga takut kehilangan, takut pisah, takut nggak berdaya karena memang sudah terjebak dalam hubungan yang toxic. Takut pisah rasanya susah, karena sudah nggak sehat," ujar Maizura dalam sesi wawancara virtual, Kamis (1/4/2021).

Lewat Aku Takut, Maizura ingin menjadi teman bagi mereka yang masih terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, sehingga ia berharap dapat memberikan keberanian untuk melangkah keluar dari keterpurukan. Baginya, single barunya itu juga menjadi apresiasi bagi dirinya sendiri karena ia telah berhasil meninggalkan masa lalunya itu.

Maka meskipun lagu itu ditulis oleh Dimas Wibisana dan Bianca Nelwan, Maizura juga turut menyumbangkan lirik dan membagi kisah personalnya ketika tengah ada dalam proses pembuatan.

"Aku ingin nyampein ke teman-teman yang mungkin pernah berada dalam toxic relationship kalau kamu nggak sendiri. Aku ingin nyampein ke mereka semua, kalau masa-masa ini akan berlalu kok, yang paling penting adalah kalau kita bisa mengambil keputusan untuk diri kita sendiri, kita yang paling tahu, kebahagiaan kita tuh darimana," jelas Maizura.

Dia menyambung, "Kenapa aku bilang personal juga karena aku bilang ke kak Dimas, liriknya seperti apa. Lagu ini adalah reminder buat aku kalau aku pernah ada di masa-masa yang sulit dan aku bisa melewatinya. Jadi memang lagu ini penting banget buat aku."

Saking merasa dekatnya dengan tema yang diangkat dalam Aku Takut, Maizura merasakan tantangan yang cukup berat ketika harus berakting dan mengeluarkan emosinya dalam penggarapan video klip.

"Benar-benar harus sedih dan emosi dan itu benar-benar emosi. Memang capek sih, aku dari pagi sampai malam (selama syuting) memang nangis mulu, memang benar-benar ngerasain, inget juga sama apa yang aku rasain dulu," kata Maizura.

Membuka Buku Harian

Ada kisah menarik di balik pembuatan lagu Aku Takut. Pada saat mengalami hal yang ada dalam lagu tersebut, Maizura kerap kali menuliskan isi hati dan perasaan takutnya dalam catatan di buku harian.

Ketika menulis lagu itu bersama Dimas dan Bianca, Maizura sempat membuka kembali buku hariannya. Saat itu, dia tersadar lirik pada bagian refrain yang ada dalam lagu tersebut, sama persis dengan curahan hati yang ia tuangkan lewat tulisan pada masa-masa yang telah ia lalui itu.

"Aku mau cerita sih, salah satu cerita unik dari pembuatan lagu ini. Pertama kali aku dengar lagu ini, aku suka banget sama liriknya, aku ngerasa lirik di reff itu ter-deep, aku merinding aja dengernya, bacanya juga. Aku suka banget lirik itu," buka dia.

"Beberapa hari kemudian, tiba-tiba aku ketemu tulisan aku di 2017, aku buka, ternyata sama persis. Itu aku merinding banget, kalimatnya (yang sama) ketemu di ujung. Dari situ aku langsung curhat, aku langsung cerita sama kak Dimas," sambung Maizura.

Selain menantang dari segi emosi dan perasaan, Maizura juga tak menampik bahwa secara teknis, lagu ini pun membuatnya belajar dan keluar dari zona nyaman.

"Kesulitannya tersendiri adalah itu saat pas rekaman sih, di lagu ini tuh aku jujur pertama kalinya nyanyi dengan range vokal yang lebih banyak pakai suara head voice, sebelumnya aku jarang sih, dan PR banget nyanyi pakai head voice. Jadi awal-awal aku latihan dulu, rekaman pertama, kemudian kedua, yang ketiga sudah bisa," ungkapnya.



Simak Video "Cerita Seru Sheryl Sheinafia dan Maizura Syuting Film 'Bebas'"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)