Main Stage

ABDA Buka-bukaan Alasan Tinggalkan Nama Ahmad Abdul

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 24 Mar 2021 14:26 WIB
Jakarta -

ABDA belum lama ini mengeluarkan single dengan judul Gold. Selama ini, banyak yang mengira ABDA adalah penyanyi pendatang yang baru merilis satu single sebagai perkenalan.

Padahal, ABDA adalah nama panggung yang baru dari penyanyi Ahmad Abdul yang sebelumnya telah mengeluarkan sejumlah lagu, yakni Coming Home, Bukan Cintaku, Tell Me Something dan Up to the Sky.

Setelah menjadi salah satu pemenang di ajang pencarian bakat, namanya memang dikenal oleh masyarakat luas. Namun, ABDA merasa mereka tidak mengenal dengan baik karya yang dia hasilkan. Para penggemarnya justru lebih suka ketika ia menyanyikan lagu orang lain.

Tidak ingin citra itu terus menempel, ABDA ingin menunjukkan jati dirinya yang sebenarnya lewat karya. Ia pun ingin lagu-lagu yang diciptakannya dapat lebih dikenal ketimbang ketika dirinya menyanyikan karya orang lain.

Hal itu yang akhirnya melatarbelakangi keputusannya untuk menanggalkan nama Ahmad Abdul yang telah digunakannya selama kurang lebih tiga tahun ke belakang.

"Kalau bisa dibilang waktunya belum lama, habis ajang pencarian bakat, tahun ketiga, aku mau jadi diriku sendiri, nih. Ingin rilis apa yang ibaratnya berangkat dari sebuah keresahan. (Terpikir) gimana kalau ganti nama deh," ujar dia dalam wawancara ketika bertandang ke kantor detikcom, baru-baru ini.

"Stigmanya sudah Abdul adalah seorang penyanyi cover, karena ketika aku upload cover dan ketika karyaku di-upload, itu timpang banget beda. Akhirnya ngerasain juga, karena kemana-mana (ketika manggung) orang request ini dong, gue jadi merasa, gue juga punya lagu kali, jadi ya di situ aku berpikir," sambungnya.

Pada mulanya, ketika para penggemarnya kerap memintanya untuk menyanyikan lagu milik orang lain, ABDA merasa tidak keberatan dan tidak ambil pusing. Lambat laun ia merasa risih akan hal itu sebab ia pun ingin dikenal melalui lagu yang ia ciptakan, bukan dari lagu milik orang lain.

Masa pandemi COVID-19 di Indonesia akhirnya menjadi titik balik untuknya. Ketika itu, ABDA disadarkan mengenai apa yang sebenarnya ia inginkan dan memutuskan untuk mengganti nama panggungnya.

"Ketika pandemi, pandemi itu mengandalkan segala macem dari streaming kan, ketika (pakai nama) Ahmad Abdul, off air-nya banyak banget. Orang mungkin nggak tahu karyanya, tapi tahu orangnya yang ajang pencarian bakat. Itu nggak cukup buat aku," ungkap dia.

"Ketika pandemi dilihatin secara nyata, real-nya di online tidak sekuat itu dalam artian karyanya nggak ada yang tahu. Bahkan orang pikir Abdul baru punya karya, padahal udah lama banget. Nah, itu yang aku nggak tahu dimana yang salah. Ketika aku tahu karyaku tidak diminati sebesar cover, gue ganti nama aja sekalian," jelasnya lagi.

Kini dengan nama ABDA, ia tidak ingin orang-orang hanya sekadar mengenal sosoknya, tapi juga karyanya. Ia pun kini tidak ingin lagi bila diminta untuk menyanyikan karya orang lain.

"ABDA ya ABDA, lo kalau mau request ke ABDA ya salah orang, ke Abdul aja," tegas dia.

(srs/dar)