Main Stage

Cerita di Balik Kolaborasi Drive dan Danes Rabani dalam Siasat Jitu

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 30 Des 2020 16:47 WIB
Drive Band
Drive bersama Danes Rabani. Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Drive dan Danes Rabani baru saja berkolaborasi dalam single Siasat Jitu. Kerja sama antara keduanya dapat terbilang sebagai kolaborasi lintas generasi. Bagaimana tidak, di industri musik, Drive terhitung sebagai band yang telah berkarier selama 15 tahun. Sedangkan Danes Rabani adalah penyanyi muda yang usianya baru menginjak 13 tahun.

Kolaborasi antara keduanya menghasilkan sebuah lagu yang berjudul Siasat Jitu. Lagu itu ditulis oleh Danes Rabani bersama dengan Budi dan Dygo dari Drive.

Dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini, Danes Rabani dan Drive mengatakan lagu itu merupakan ajakan untuk tetap bersemangat dan tidak berputus asa meski harus menjalani hari-hari yang berat dan serba terbatas di masa pandemi.

"Karena mungkin sekarang ini banyak orang yang hampir putus asa, merasa nggak ada harapan. Sebenernya kalau kita mengambil keadaan ini dengan baik, pasti semuanya bakal bisa normal tapi dengan cara yang bisa dilakukan di masa pandemi ini. Ajakan biar tetap semangat juga," kata Danes.

Drive BandDrive dan Danes Rabani. Foto: Muhammad Ridho

Pada mulanya, lagu itu tidak bercerita mengenai optimisme dan harapan di masa pandemi. Danes menulis lagu itu sesaat setelah bertemu dengan Iwan Fals di kediamannya.

Danes Rabani mendapatkan nasehat dari Iwan Fals yang mengatakan tidak perlu berpikir terlalu jauh ketika ingin menulis sebuah karya musik. "Kamu pikirin saja apa yang kamu lakuin dari bangun tidur sampai tidur lagi," pesan Iwan Fals kala itu.

Setelah itu, ide pun mengalir di kepala Danes. Beberapa waktu setelahnya, dia menyerahkan lagu tersebut pada Budi dan Dygo yang kebetulan tengah menjadi produser dalam mini album Danes Rabani.

Drive BandDrive dan Danes Rabani. Foto: Muhammad Ridho

"Jadi Danes sebelumnya sudah nyiapin EP, gue sama Budi jadi produsernya. Tadinya mau masukin lagu ini dalam EP itu," cerita Dygo. "Tapi aku belum pede juga. Dari Drive terus ngajak kolaborasi, ya sudah, ayok," sambung Danes.

Ketika memutuskan untuk berkolaborasi, akhirnya tema dari lagu tersebut pun bergeser mengikuti tema dari single New Life yang baru dikeluarkan Drive tidak lama sebelumnya.

"Single Drive itu kan New Life, itu juga menceritakan situasi sekarang, kita hidup dengan kehidupan baru, jaga jarak, segala macem. Jadi pas kami ajak Danes, 'Kita bikin yuk', biar single yg pertama ada hubungannya sama yang sekarang. Oke, udah kami rapihin lagi liriknya bareng-bareng," ungkap Dygo.

Simak penampilan Drive dan Danes Rabani di sini:

(srs/doc)