Hanin Dhiya Banyak Belajar dari Nissa Sabyan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 23 Mar 2021 19:24 WIB
Hanin Dhiya & Nissa Sabyan
Foto: dok. Warner Music Indonesia/ Hanin Dhiya & Nissa Sabyan
Jakarta -

Hanin Dhiya baru saja merilis album berjudul Jangan Sampai Pasrah. Dalam album tersebut, terdapat lagu berjudul sama yang dia nyanyikan secara berduet dengan Nissa Sabyan.

Menurutnya, dari kolaborasi tersebut, Hanin Dhiya banyak mengambil pelajaran dari Nissa Sabyan. Pelajaran yang diperolehnya itu justru bukan dalam hal musikal, melainkan kepribadian.

Perempuan kelahiran 21 Februari 2001 menilai Nissa Sabyan adalah sosok yang hangat dan mudah beradaptasi. Berkebalikan dengan dirinya yang malu-malu, Nissa dinilai lebih mudah berkomunikasi.

"Dia humble banget sih, enak gitu diajak kerja sama di project yang Jangan Sampai Pasrah. Jadi walaupun ini istilahnya, kalau pertama ngobrol bareng, jadi istilahnya santai soalnya Nissa juga orangnya hangat sama orang lain kan, kalau aku lebih cenderung bingung, kalau Nissa bisa kayak gitu (hangat)," ujar Hanin dalam wawancara virtual dengan detikcom, baru-baru ini.

Bagi Hanin Dhiya, yang membuat tiap proyek kolaborasi yang ia jalani menjadi seru memang adalah proses belajar yang ia peroleh dari rekannya yang ia ajak bekerja sama.

"Jadinya kalau sama orang kan lebih banyak sharing, lebih banyak ngobrol, dari kolaborasi sebenarnya jadi ada yang bisa aku pelajari kalau plusnya. Cuman jadinya kalau kolaborasi nggak boleh mentingin ego atau maunya doang, jadi lebih lo maunya gimana," jelasnya.

Mengenai Jangan Sampai Pasrah, lagu yang ia nyanyikan dengan Nissa Sabyan itu merupakan karangan Fredy Harahap. Lagu itu menyisipkan pesan semangat untuk tidak mudah menyerah pada keadaan.

Dalam penggarapan lagu ini, Hanin Dhiya mengaku cukup dilibatkan dalam pembuatan aransemen maupun penataan vokal.

"Cukup banyak terlibat sih untuk kali ini, karena setiap aku rilis karya aku selalu dibantu oleh arranger dari luar terus ada vocal director-nya. Kali ini, aku nyoba mengolah lagu ini sendiri, menurut ku cukup banyak terlibat lah dalam penggarapan lagu ini," jelas dia.

Penggarapan Jangan Sampai Pasrah diakui Hanin Dhiya memberikannya pengalaman baru. Selain karena berkolaborasi dengan Nissa Sabyan, lagu ini juga memiliki tema berbeda dari lagu-lagu yang sebelumnya ia nyanyikan.

"Ini pertama kali juga bawain sebuah lagu yang bisa dibilang bukan seperti Hanin biasanya. Sekarang harus bawain lagu yang pesannya saja cukup dalam gitu buat aku, jadi di situ tantangannya gimana supaya aku bisa bawain lagu ini, supaya pesan di lagu ini bisa sampai pas orang bawain lagunya," urainya.

"Kolaborasi juga sama Nissa, jadi banyak mikirnya tuh gimana caranya pesannya tetep nyampe. Itu juga jadi salah satu pengalaman baru untuk nyari-nyari harmoni yang enak gimana supaya nggak nabrak," sambung dia.



Simak Video "Doa Nissa 'Sabyan' dan Ayus yang Hadir Bersama di Pernikahan Ria Ricis"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)