Profil Taylor Swift, Peraih Album of the Year Grammy Awards

Rosa Vinta Prasinda Putri - detikHot
Senin, 15 Mar 2021 15:10 WIB
NEWARK, NEW JERSEY - AUGUST 26: Taylor Swift attends the 2019 MTV Video Music Awards at Prudential Center on August 26, 2019 in Newark, New Jersey. (Photo by Jamie McCarthy/Getty Images for MTV)
Profil Taylor Swift Foto: Jamie McCarthy/Getty Images
Jakarta -

Taylor Swift menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta musik internasional. Hal itu karena keberhasilannya membawa pulang piala Album of the Year untuk ketiga kalinya dari ajang bergengsi Grammy Awards.

Penasaran dengan perjalanan karir Taylor Swift? Simak profil berikut ini:

Profil

Taylor Swift lahir di Pennsylvania, 13 Desember 1989 dengan nama Taylor Alison Swift. Ia merupakan anak pertama dari dua bersaudara yang lahir dari pasangan Scott Kingsley Swift dan Andrea Gardner Finlay.

Gadis bersuara merdu ini pernah menaruh ketertarikan pada dunia teater musical ketika usianya menginjak sembilan tahun. Pada usia empat belas tahun, ia memulai karier musiknya dengan menekuni musik country, dimana ayahnya rela pindah kantor ke Nashville demi membantu karier musiknya.

Karier Musik

Pada usia tujuh belas tahun, Taylor Swift merilis single debutnya yang bertajuk Tim McGraw. Pada 2007, ia memenangkan penghargaan sebagai Artist of the Year oleh Nashville Songwriters Associaton dimana ia menjadi orang termuda yang pernah memenangkan penghargaan tersebut.

Sepanjang kariernya, gadis berambut pirang ini berhasil menyanyikan beberapa lagu yang akhirnya menjadi populer di industri musik internasional. Shake It Off merupakan lagu yang menandai eksistensinya sebagai musisi berbakat di genre pop country.

Karya lain Taylor Swift yang tak kalah fenomenal adalah Look What You Made Me Do yang dirilis dalam album bertajuk Reputation pada 2017. Musik video lagu ini pun dibuat sangat unik dimana Taylor Swift bertransformasi menjadi beberapa sosok unik, salah satunya adalah zombie.

[Gambas:Youtube]



Akting

Karier akting Taylor Swift dimulai melalui debutnya dalam serial televisi CSI: Crime Scene Investigation Season 9 Episode Turn, Turn, Turn pada 2009. Aktingnya pun menarik perhatian sutradara dan produser layer lebar.

Pada 2010, Taylor Swift membintangi layer lebar melalui film berjudul Valentine's Day. Dalam film tersebut diketahui ia beradu akting bersama actor maupun aktris kenamaan seperti Jessica Alba dan Bradley Cooper.

[Gambas:Youtube]



Grammy Awards

Kemenangan Folklore sebagai Album of the Year dalam ajang Grammy Awards 2021 membawa Taylor Swift mencetak sejarah dalam perhelatan penghargaan musik dunia tersebut. Taylor Swift didapuk sebagai perempuan pertama yang membawa pulang penghargaan Album of the Year sebanyak tiga kali melalui Folklore, 1989, dan Fearless.

Selain Album of the Year, Taylor Swift juga pernah menerima beberapa penghargaan Grammy dalam beberapa kategori. Ia pernah menerima penghargaan Grammy dalam kategori Best Pop Vocal Album (1989), Best Music Video (Bad Blood), Best Song Written for Visual Media (Safe & Sound dari Film The Hunger Games), Best Country Solo Performance (Mean), Best Country Song (Mean, White Horse), Best Female Country Vocal Performance (White Horse), dan Best Country Album (Fearless)



Simak Video "Usai Fearless, Taylor Swift Rekam Ulang Album Red"
[Gambas:Video 20detik]
(nu2/nu2)