Wawancara Eksklusif

Mikha Angelo Bicara Soal Keputusan Solo Karier

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 14 Mar 2021 20:32 WIB
Mikha Angelo
Mikha Angelo Foto: Wonderland Records/EP LOVER
Jakarta -

Selama ini, Mikha Angelo dikenal sebagai personel The Overtunes yang beranggotakan dirinya dan dua saudaranya, yakni Reuben Nathaniel dan Mada Emmanuelle. Kini, Mikha mencoba bersolo karier.

Dalam wawancara dengan detikcom baru-baru ini, ada dua hal yang melatarbelakangi keputusannya hingga akhirnya menjadi penyanyi solo.

Pertama, ketiga personel The Overtunes memang sepakat bahwa mereka membutuhkan waktu untuk sejenak beristirahat setelah selalu bermusik bersama beberapa tahun ke belakang. Kedua, Mikha Angelo secara pribadi ingin mempelajari hal baru dan mengeksplorasi gaya bermusik yang sebelumnya tidak ia temukan saat bergabung dalam band yang telah memiliki karakteristik dan pakem tertentu.

"The Overtunes kan kami semua itu kakak-beradik dan kami sudah mengerjakan rutinitas yang sama enam sampai tujuh tahun ke belakang dan 2020 itu kami pas banget baru keluar dari label musik kami, jadinya kami punya lah waktu dan energi untuk nentuin kami mau ngapain dan juga evaluasi diri lah. Akhirnya kami bertiga decide, kami harus break dulu untuk nemuin cintanya ke musik dan inget kenapa kami awalnya mau di musik. Di masa-masa itu, aku pribadi masih punya banyak ide lah bisa dibilang dan nggak bisa melepas musik, ngggak bisa nggak berkarya dan punya banyak ide juga untuk hal apa yang aku mau coba eksplor," tutur Mikha.

"Muncul ide, cobalah bikin project solo. Akhirnya ketemu orang-orang yang bantuin mau bikin bersama-sama. Aku jadi ngerjain hal yang beda dari perspektif yang beda dengan orang-orang yang beda-beda juga," sambung dia.

Meski menikmati keduanya (nge-band maupun solo), Mikha Angelo pun menemukan sejumlah perbedaan yang memberinya pelajar yang dapat dia petik. Baginya, saat mencoba bersolo karier, dirinya benar-benar menemukan hal baru yang belum dia temukan saat berada dalam band.

Karena menulis lagu-lagunya seorang diri, Mikha Angelo pun akhirnya menggali lebih dalam musikalitasnya saat bersolo karier.

"Selama ini sih kalau dari aku sendiri lagu-lagunya topiknya berbeda sih, karena lagu-lagu yang di project solo tuh benar-benar perspektif aku banget. Bahkan hampir nggak ada opini keduanya, nggak ada yang involve di sisi song writing-nya. Semua tentang apa yang aku lihat dan aku pikirin," ungkapnya.

"Sedangkan di The Overtunes tuh semuanya kolektif, dalam penulisan lagu, aransemen pastinya hasil dari kami bertiga. Kalo untuk The Overtunes aku sudah kebayang musiknya kayak gimana karena Mada dan Reuben aku sudah kenal banget mereka musiknya giman. Sedangkan untuk project solo, nggak ada batesan sih bisa dibilang," lanjutnya.

Rupanya keputusan Mikha, Mada dan Reuben untuk rehat sejenak membawa hikmah tersendiri bagi The Overtunes. "Dari The Overtunes-nya juga jadi bagus banget, sama-sama nggak ada yang dirugikan, dan semuanya sama-sama belajar sampai akhirnya di 2021 ini kami juga mau balik untuk bikin album lagi," kisah Mikha.

Ketika ditanyai sudah sampai dimana progres penggarapan album untuk bandnya itu, Mikha Angelo mengatakan hingga kini ketiganya masih mencoba meracik lagu.

"Harapannya sih semoga di tengah tahun ini bisa rilis apakah itu album ataupun EP. Mungkin lagi dalam tahap songwriting dan workshop. Semoga tengah tahun bisa rilis, antara album atau single atau gimana," harap dia.

(srs/dar)