Wawancara Eksklusif

LOVER, Mini Album Ketika Mikha Angelo Jatuh Cinta

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 14 Mar 2021 17:33 WIB
Mikha Angelo
Mikha Angelo Foto: Wonderland Records/EP LOVER
Jakarta -

Mikha Angelo belum lama ini mengeluarkan mini album bertajuk LOVER. Seperti judulnya, mini album tersebut berisikan empat lagu cinta yang terdiri dari Anything, Celebrate, Into You dan Lover.

Dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini, Mikha Angelo mengatakan cinta adalah hal yang belakangan ini menyita pikiran dan perasaannya sehingga ia ingin menuangkannya dengan karya.

Lagu-lagu dalam mini album tersebut tercipta berkat dirinya yang tengah merasakan jatuh cinta dan sedang belajar menjalin hubungan romantis secara serius.

"Kenapa cinta sebenarnya mungkin gara-gara itu hal penting yang ada di hidup aku sekarang ini kali ya. Setelah kemarin mengerjakan album Amateur (2020), setelah ada banyak banget yang terjadi dalam banyak aspek di hidup aku, mulai dari hubungan, kerjaan dan keluarga jadi otomatis aku membuat karya-karya berdasarkan yang aku rasakan paling kuat saat itu," cerita dia.

"Saat beban itu (perasaan yang dirasakan saat menggarap Amateur) sudah lepas dan sudah jadi sebuah karya, dan hal yang paling kuat aku rasakan kayaknya cinta itu sih dan itu hal pertama yang ingin aku tulis dan aku punya banyak rasa lah yang ingin aku tuangkan," sambung dia.

Pria kelahiran 8 November 1997 itu melanjutkan mini album LOVER adalah gambaran dari hubungan cinta yang sedang dijalaninya secara nyata. "Aku lagi di momen dimana lagi jatuh cinta banget jadi aneh banget kalau nggak dijadiin sesuatu. Aku ingin juga punya lagu cinta yang menjelaskan aku lagi dimana sekarang," ungkapnya.

Tiga dari empat lagu yang ada di album tersebut rupanya dia ciptakan hanya dalam jangka waktu satu bulan, yakni dimulai dari Januari 2021.

Ketika menggarap album perdana, sebenarnya Mikha Angelo telah menulis Into You. Akan tetapi, lagu itu tidak sesuai dengan tema yang ingin dirinya usung dalam albumnya itu.

"Cuman ada satu lagu yang aku tulis dari sebelum album pertama, judulnya Into You. Sempat diobrolin untuk masuk album pertama aku dan menurut ku nggak cocok dari segi topik dan juga feel-nya karena itu tiba-tiba ada satu lagu love song yang seru sendiri kayaknya nggak masuk jadi akhirnya aku tulis tiga lagu baru yang tema sama (dengan Into You), itu aku tulis mulai dari januari," kisah Mikha Angelo.

Menurut Mikha Angelo, meski dirilis dalam jangka waktu yang berdekatan dengan album perdananya, mini album LOVER, menawarkan sesuatu yang berbeda, baik dari segi tema lirik maupun bunyi musik.

"Amateur tuh kerasa banget apa yang membebani pikiran aku dan harus aku tulis dan romantic relationship tuh nggak kepikiran pas aku nulis album pertama. Lalu setelah itu, baru kerasa sih. Kalau album pertama aku pas nulis mikirnya juga ke dalam (diri) banget, sedangkan LOVER ini kayak extroverted feeling-nya," jelasnya.

Selain dari segi musik dan lirik, Mikha Angelo pun bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda dalam penggarapan sisi visual dari mini album tersebut. Sehingga nuansa yang dihasilkan oleh mini album itu pun berbeda dengan album perdananya.

"Dari segi visual kami kerja sama dengan tim yang berbeda, maupun untuk video klip, video lirik maupun foto-foto, sangat beda. Itu mmbantu aku untuk ada di mindset yang beda. Dari musiknya juga secara nggak langsung dua album ini beda banget sih kedengerannya. Di mini album ini aku lebih exploring hal-hal yang bikin orang-orang senang," tuturnya.

(srs/dar)