Wawancara Eksklusif

Mikha Angelo Buka Sulitnya Tulis Lagu dari Kisah Pribadi

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 14 Mar 2021 19:03 WIB
Mikha Angelo
Mikha Angelo Foto: Wonderland Records/EP LOVER
Jakarta -

Bagi kebanyakan musisi, menulis lagu yang berangkat dari pengalaman pribadi menjadi hal yang lebih mudah ketimbang mengarang cerita dari kisah yang tidak pernah mereka alami. Namun, rupanya hal itu tidak berlaku bagi Mikha Angelo.

Mikha Angelo mengaku menulis lagu dari pengalaman pribadi yang jujur memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar ketimbang membuat kisah yang tidak benar-benar terjadi dalam lagunya.

Ketika menuangkan kisah pribadinya, Mikha Angelo merasa perlu berhati-hati dalam pemilihan kata. Dia juga mengatakan berupaya sejujur mungkin dalam lagu yang berangkat dari kisah personalnya.

Hal itu lah yang dia alami dalam penulisan mini album LOVER yang baru-baru ini dia keluarkan. Mini album itu berisikan empat lagu yang kesemuanya berangkat dari kisah nyata yang dia alami di hubungan romantis yang sedang dibinanya.

"Inspirasi yang pasti berdasarkan relationship yang aku punya sekarang. Kalau ditanya kesulitannya apa, banyak. Aku nggak akan bisa bikin lagu cinta karakternya seakan-akan aku orang yang sempurna banget dan cintanya juga sempurna. Rasanya aku tahu terlalu banyak dan aku tahu kalau pun aku mau bohong sama lagu-lagu aku. Aku nggak bisa juga nulis lagu cinta yang terlalu baik untuk jadi kenyataan. Makanya aku berhati-hati banget untuk memilih kata-kata," urai Mikha Angelo.

"Buat aku sih jauh lebih susah ternyata (menulis kisah personal). Simple-nya mungkin adalah, kalau aku personally, terbiasa menulis lagu-lagu dari perspektif yang lain dari diri aku sendiri, misalnya nulis soundtrack, bisa create lah sifat aku sendiri gimana kalau nulis," sambungnya.

"Rasanya nggak enak banget kalau nulis lagu cinta dan dibikinnya perfect banget. Jadi kalau menulis begitu seakan-akan bohong, yang bikin sulit banyaknya filternya itu deh," kata dia lagi.

Dengan menulis lagu cinta secara jujur, Mikha Angelo pun akhirnya berefleksi pada hubungan dan menemukan hal-hal yang sebelumnya tidak ia lihat. Penulisan lagu dalam mini albumnya rupanya memberikannya ruang introspeksi tersendiri.

"Ini jujur dan nggak ada yang dilebih-lebihkan. Jadi sadar juga apa yang kurangnya di relationship yang kami punya dan apa yang harus kami syukuri," jelasnya.

(srs/dar)