Young Lex Tak Masalah Disebut Plagiat MV Lay Zhang, Tapi Kesal karena Ini

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 11 Mar 2021 13:20 WIB
Young Lex
Young Lex buka suada soal tuduhan plagiat. (Foto: Hanif/detikcom)
Jakarta -

Beberapa hari lalu sempat heboh di media sosial soal Young Lex menjiplak MV milik member EXO, Lay Zhang. Di Twitter nama Young Lex sebagai sosok plagiat membahana hingga trending topic.

Young Lex sendiri tidak mempermasalahkan dirinya disebut plagiat oleh para fans K-Pop. Karena menurutnya, mereka yang menuding tidak membaca informasi yang dituliskannya dalam deskripsi video YouTube tersebut.

"Ya itu hak mereka (menuding plagiat), cuma kita tahu kalau mereka pasti nggak akan baca full informasinya di description-nya gitu kan," kata Young Lex ketika ditemui usai mengisi acara Pagi Pagi Ambyar di Trans TV, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (11/3/2021) pagi.

Hal itu kemudian bikin Young Lex geram. Tapi ada satu hal lagi yang menurut Young Lex juga membuatnya cukup kesal.

Yaitu cara penyampaian para fans K-Pop soal videonya. Menurut Young lex, reaksinya akan berbeda bila diberitahu tanpa tendensi marah-marah.

"Yang gue permasalahkan cara menyampaikannya. Gue sudah bahas juga di YouTube gue, kasih tahu kalau gini lho... kalau mereka ingetinnya, 'bang kayaknya ini terlalu banyak scene yang mirip deh. Coba diperiksa lagi deh bang, dibahas dong sama tim produksi', kayak lebih smart gitu komennya, mungkin lebih asik kali ya?" tutur Young Lex.

"Dan gue reaksinya nggak akan marah gitu. Tapi (mereka) kayak 'woi, woi,'. Kapan culture ini akan berubah (kalau) gitu cara mengingatkan orang (masih ada). Kecuali dia yang berwajib ya, langsung menuduh it's okay. Kan kalau mereka salah tuduh, kasihan juga ntar," tandas Young Lex.

Ada beberapa hal yang dinilai netizen mirip antara video berjudul Raja Terakhir milik Young Lex dengan video Lit milik Lay Zhang. Bagian yang paling terlihat mirip adalah saat kemunculan naga di video itu. Naga dengan mata yang menyala itu sama-sama muncul dari balik bangunan seperti kerajaan.

Sudut pandang pengambilan gambar juga terkesan mirip. Bahkan porsi naga dan bangunan tersebut sekilas sama.

Oleh karena itu, banyak orang yang menyebut Young Lex meniru video klip dari Lay EXO. Mereka juga tahu jika Lay EXO sudah lebih dulu merilis video musiknya, yaitu pada 1 Juni 2020.

Young Lex menyebut bahwa ini merupakan kesalahan dari tim produksinya.

(aay/aay)