Raffi Ahmad Kalah, Ini Pemenang Lelang Gitar Rian D'MASIV Senilai Rp 200 Juta

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 17 Feb 2021 14:24 WIB
Rian DMASIV
Rian D'MASIV lelang gitar untuk anak-anak korban bencana alam. Foto: Istimewa
Jakarta -

Di beberapa daerah di Indonesia, bencana alam seakan datang bergantian, mulai dari gempa bumi hingga banjir bandang yang menelan korban jiwa.

Bahkan, dari kejadian itu, tidak sedikit juga yang akhirnya mengungsi karena kehilangan tempat tinggal. Di antara sekian banyak korban, terdapat anak-anak yang ikut terkena dampaknya.

Prihatin dengan hal tersebut, Rian D'MASIV tergerak untuk melakukan sesuatu. Ia kemudian melelang gitar kesayangannya. Hasil dari lelang tersebut akan disumbangkan untuk anak-anak yang juga menjadi korban dari bencana alam itu.

Vokalis D'MASIV itu melelang gitar merk Gretsch Country Gentleman 6122. Gitar itu tercatat memiliki tahun pembuatan 1966.

Gitar tersebut memang cukup legendaris. Gitar dengan tipe yang sama juga dipakai oleh The Edge, gitaris U2. Bukan cuma itu, George Harrison dari The Beatles, John Squire dari Stone Roses hingga Lou Reed dari The Velvet Underground juga menggunakan gitar yang sama untuk melahirkan banyak lagu.

Lelang gitar tersebut dilakukan pada 13 Februari 2021. Aksi itu mendapat banyak dukungan dan perhatian dari para musisi, selebriti hingga pengusaha.

Awalnya, lelang gitar Gretsch Country Gentleman 6122 milik Rian D'MASIV dibuka mulai Rp 100 juta. Tidak lama setelahnya, Raffi Ahmad memberikan penawaran sebesar Rp 150 juta.

Tawaran seharga Rp 180 juta juga sempat disampaikan oleh pemilik akun @chandratauphann. Hingga akhirnya pengusaha Basuki Surodjo memberikan penawaran Rp 199 juta.

Setelah lelang yang digelar secara online itu berlangsung, tepat sehari setelahnya, lelang offline pun digelar. Acara tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan di sebuah kafe di kawasan Jakarta Selatan.

Akhirnya, Basuki Surodjo keluar sebagai pemenang lelang dengan tawaran tertinggi, yaitu Rp 200 juta.

"Sangat bersyukur dan berterima kasih kepada segenap pihak yang sudah mensukseskan lelang dan khususnya pada Basuki Surodjo yang memenangkan lelang gitarnya," kata Rian D'Masiv dalam keterangan tertulisnya.

"Hasil dana yang diperoleh seluruhnya akan disumbangkan kepada anak-anak korban bencana alam yang ada di Indonesia melalui Yayasan Jangan menyerah Indonesia," sambungnya.

Sebagai pemenang lelang, Basuki Surodjo merasa beruntung bisa mendapatkan gitar tersebut. Ia juga berharap uang hasil lelang bisa bermanfaat.

"Semoga yang sudah diperoleh bisa bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkannya," ungkap Basuki Surodjo.

Simak video 'Raffi Ahmad Lagi-lagi Absen Mediasi Gugatan Party Usai Divaksin':

[Gambas:Video 20detik]



(dar/wes)