Merona, Lagu Personal bagi FLEUR!

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 28 Jan 2021 18:37 WIB
FLEUR!
Foto: Ben Mukti / dok. FLEUR!
Jakarta -

Setelah Muka Dua dan Lagu Lama, FLEUR! mengeluarkan single ketiga dengan judul Merona. Bagi band yang digawangi oleh Tanya Ditaputri (gitar, vokal), Tika Pramesti (drum, vokal), dan Yuyi Trirachma (bas, vokal) itu, Merona adalah lagu yang personal.

Sebab lagu itu direkam hanya berselang tidak lama setelah ibunda Tika Pramesti meninggal dunia.

"(Lagunya) personal karena based on true event, sebenarnya liriknya sudah jadi, terus di tengah prosesnya itu, ibu saya meninggal. Jadi saya harus menyembunyikan rasa duka itu ke dalam proses pembuatan lagu," cerita Tika dalam konferensi pers virtual, Kamis (28/1/2021).

"H-1 pas mau pembuatan vokal, Rika, Tanya, dan Yuyi total mengubah liriknya jadi merana. Saya sih kosong aja, anak-anak mungkin nangkep perasaan yang saya rasakan. Jadi ketika lagunya sudah jadi, akhirnya jadi sesuatu yang tak terlupakan," sambung Tika.

Hal tersebut dibenarkan oleh Tanya, pada awalnya, FLEUR! ingin mengisi lirik Merona dengan tema cinta, tapi pada proses penggarapan lagu itu, mereka menerima kabar duka dari Tika mengenai meninggalnya sang ibunda.

"Melihat bagaimana Tika melalui hari-harinya setelah kepergian sang Ibu menginspirasi kami untuk mengubah lirik sebagai penanda kejadian itu. Dibantu Rika (Rika Putrianjani, mantan personel) lirik yang tadinya merona diganti merana," kisah Tanya.

Meski mengganti lirik dari lagu tersebut, tapi judul Merona tetap mereka pertahankan. "Untuk memperlihatkan sisi kontrasnya," jelas Tanya.

FLEUR!FLEUR! Foto: Ben Mukti / dok. FLEUR!

FLEUR! mengaku percaya diri untuk memilih Merona menjadi single ketiga setelah Muka Dua dan Lagu Lama karena, menurut Tanya, ketika mereka tampil di panggung, penonton kerap meminta agar lagu tersebut dibawakan.

"Kami sudah pernah bawain juga beberapa kali kalau kami mangung live, respons beberapa orang juga kami pertimbangkan suka apa nggak," ungkap Tanya.

Bersamaan dengan dikeluarkannya single Merona dari FLEUR! mereka sekaligus merilis video klip dari lagu tersebut. Video klip itu disutradarai oleh Tika Pramesti dan melakukan pengambilan gambar di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.

"Syutingnya sebelum PSBB ketat lagi. Januari (2021). Syutingnya satu hari di Kebun Raya," tutur Yuyi.

"Kami nggak ingin kayak kemarin (rilis lagi, video menyusul), kami inginnya sekalian keluar sama videonya. Mungkin videonya sangat membantu juga (untuk memperkenalkan lagu)," urai Tanya.



Simak Video "Grup Musik Roxx Cari Keberadaan Produser Dannil Setiawan, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)