Dulu Punya Virus, Sekarang Slank Keluarkan Vaksin

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 20:26 WIB
Slank saat tampil di kawasan TMII
Slank. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Slank pernah mengeluarkan album Virus pada 2001 silam. Kini, mereka mengeluarkan album dengan judul penawar dari virus, yakni Vaksin.

Album tersebut berisikan 10 lagu yang ditulis Slank sepanjang tahun lalu. Mayoritas dari lagu yang terdapat dalam album diciptakan mereka saat sedang berada di rumah selama menjalani karantina.

"Ini album kontemplasi ya. Banyak renungan isinya. Lagu-lagunya ditulis sepanjang 2020, ditulis dalam rumah karena COVID-19. Jadi isinya semua soal keadaan tahun ini," ungkap Bimbim dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Menurut Slank, album ke-24 dari mereka mengambil tiga tema besar dalam lagu-lagunya, yakni cinta, lingkungan hidup dan sosial serta pergerakan anak muda.

Digarap di masa pandemi, Slank pun melakukan rekaman dengan cara yang baru. Mereka memanfaatkan teknologi untuk merekam materinya secara jarak jauh.

"Ngerekamnya juga dengan new style," jelas Bimbim lagi.

Ada cerita menarik di balik rekaman jarak jauh yang dilakukan Slank. Kaka bercerita ada bagian album yang bagian vokalnya dia rekam di Benteng Belgica, Banda Neira, Maluku.

Grup band Slank menghibur ribuan buruh di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (1/5) memperingati Hari buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei dan dikenal dengan sebutan May Day. File/detikFoto.Slank. Foto: Rachman Haryanto

Pada setiap proses rekaman, sudah menjadi kebiasaan bagi Slank untuk merekam lebih dulu instrumen lainnya ketimbang vokal. Setelah musiknya terisi, barulah Kaka merekam bagian vokal.

Pada saat giliran Kaka harus merekam vokal, dia bersama Ridho yang juga merupakan personel Slank sedang berada di Banda Neira.

"Jadi ada banyak PR (pekerjaan rumah). Akhirnya aku bawa semua file, bawa laptop dan mikrofon juga," cerita Kaka.

"Pas dapat kesempatan take vocal itu pas di Banda Neira, terus Ridho bilang, kita rekaman di Benteng Belgica saja," sambung dia.

Kaka bercerita, saat melakukan rekaman, kondisi Benteng Belgica kala itu telah gelap gulita. "Di sana kalau malam sebenarnya nggak ada lampu sama sekali. Kami bawa lampu dari hotel terus buka laptop di dalam benteng itu," ujarnya.

Sebelum mengeluarkan album Vaksin, Slank lebih dulu merilis single New Normal Cinta.



Simak Video "Positif Corona, Ridho Slank dan Istri Jalani Isolasi Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)