Produser Rekaman dan Terdakwa Pembunuhan Phil Spector Meninggal Dunia

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 18 Jan 2021 10:40 WIB
383822 03: Producer Phil Spector prepares to sign autographs at The Whiskey A Go-Go where singer Nancy Sinatra was performing December 29, 2000 in Hollywood, CA. Spector was arrested on February 3, 2003 in connection with the shooting of a woman at hilltop mansion in Alhambra, California. (Photo by Getty Images)
Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

Phil Spector yang dikenal sebagai produser di balik nama-nama beken, misalnya The Beatles, the Righteous Brothers, Ike dan Tina Turner sekaligus terpidana kasus pembunuhan aktris Lana Clarkson meninggal dunia.

Kematiannya itu dikonfirmasi oleh Departemen Perbaikan dan Rehabilitasi California. Menurut keterangan, Phil Spector meninggal dunia pada Sabtu, 16 Januari 2021 di rumah sakit.

"Fasilitas Kesehatan Narapidana California menyatakan Phillip Spector meninggal dunia karena sebab alamiah pada Sabtu, 16 Januari 2021 pukul 18.35 waktu setempat di rumah sakit. Penyebab kematian resmi akan diputuskan lewat pemeriksaan medis dari kepolisian San Joaquin County," tulis keterangan yang dikutip dari BBC, Senin (18/1/2021).

Semasa hidupnya, Phil Spector dikenal sebagai produser dari puluhan lagu-lagu hits pada era 1960-an. Dia pernah mengalami ketergantungan obat-obatan terlarang dan alkohol. Dia lalu mundur dari dunia musik pada era 1980-an hingga 1990-an.

Dia dikenal sebagai produser yang mentransformasikan musik pop dan rilisan yang diproduksi olehnya dijuliki wall of sound.

Hidup pria kelahiran 26 Desember 1939 itu terbilang berliku. Pada 2003, aktris Lana Clarkson ditemukan meninggal di rumahnya di Alhambra, California dengan luka tempak dikepalanya. Aktris bintang Barbarian Queen itu diketahui bertemu dengan Phil Spector di klab malam sebelum meninggal dunia.

Empat perempuan yang menjadi saksi di pengadilan mengatakan Spector pernah juga mengancam mereka dengan senjata api ketika menolak rayuannya.

Dia didakwa melakukan tindak pembunuhan tingkat dua dan diberikan hukuman 19 tahun hingga seumur hidup.

Phil Spector lahir di New York pada 1939 dengan nama Harvey Phillip Spector. Masa kecil Spector pun terbilang kelam. Ayahnya meninggal bunuh diri sebelum ia dan keluarganya pindah ke Los Angeles.

Dia memulai karier bermusiknya sejak remaja dengan membentuk band bersama teman sekolahnya. Dia mendirikan perusahaan rekaman pada 1961 dengan nama Phillis.

Pada era 1970-an, dia bekerja sama dengan The Beatles untuk album Let It Be dan album solo John Lennon, Imagine. Saat itu dia telah menemukan teknik yang disebut wall of sound.



Simak Video "Curhatan Syam Permana yang Pertanyakan Royalti dari Lagunya di YouTube"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dal)