Nicki Minaj Terpaksa Bayar 450 Ribu USD pada Tracy Chapman, untuk Apa?

Asep Syaifullah - detikHot
Sabtu, 09 Jan 2021 17:51 WIB
Video klip TROLLZ dari Nicki Minaj dan Tekashi 6ix9ine.
Nicki Minaj harus membayar sejumlah tak sedikit kepada Tracy Chapman. Foto: Dok. YouTube
Jakarta -

Nicki Minaj terpaksa membayar sebesar 450 ribu dollar ke pada Tracy Chapman karena, permasalahan hak cipta usai ia menggunakan sepenggal lagu tanpa perizinan terlebih dahulu.

Ibu satu anak tersebut menggunakan sample dari lagu milik Tracy yang dirilis pada 1988 yakni Baby Can I Hold You dalam lagu Sorry yang dibawakan olehnya bersama Nas.

Sebenarnya lagu Sorry masuk dalam album Queen pada 2018, namun lagu tersebut tak jadi dirilis. Hal itu disebabkan karena pihak Tracy tak pernah memberikan izin pada Nicky untuk memakai lagu miliknya itu.

Nicki pun sempat curhat dan meminta bantuan para netizen agar meluluhkan hati Tracy Chapman. Apalagi pada lagu tersebut ia berduet dengan salah satu rapper terbaik menurutnya yakni Nas.

"Haruskah kita menunda #Queen satu minggu lagi? Ah, aku benar-benar tersiksa. Kalian semua bantulah aku! Tracy Chapman bisakah kau menolongku, astaga untuk cinta ku pada #Queen," cuitnya yang kemudian dihapus.

Namun sayangnya lagu yang tak jadi dirilis itu, justru malah terungkap dan diputar oleh Hot 97 DJ Funkmaster Flex dan disebarkan di dunia maya. Kejadian ini lah yang membuat pihak Tracy Chapman geram dan menuntut pada Nicki Minaj.

"Tracy Chapman sangat menjaga hak-haknya dan ia berhak untuk menolak untuk memberikan lisensi," ungkap pengacara Tracy, Lee Phillips pada Rolling Stone.

Dalam kesempatan berbeda, Tracy Chapman pun mengaku lega karena masalah itu telah usai. Ia hanya mengingatkan untuk saling menghargai sesama musisi dan menjaga karya mereka.

"Aku senang masalah ini telah berakhir dan bersyukur dengan keputusan hukum yang mendukung karya dan hak dari musisi yang dilindungi hukum dan seharusnya dihargai oleh musisi lainnya," ujarnya.

Ia pun heran kenapa Nicki Minaj masih bersikeras menggunakan lagunya itu meskipun pelantun Fast Car telah menolaknya. Tracy Chapman pun menyebutkan jika Nicki adalah seorang yang tak mau mendengarkan orang lain.

Hingga saat ini, pihak Nicki Minaj pun belum memberikan tanggapan atas kasus tersebut.



Simak Video "Jadi Korban Tabrak Lari, Ayah Nicki Minaj Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/wes)