Nominasi Grammy Awards dalam Pusaran Protes

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Senin, 30 Nov 2020 15:38 WIB
LOS ANGELES, CA - FEBRUARY 15:  Musician The Weeknd, winner of the awards for Best R&B Performance for Cant Feel My Face and Best Urban Contemporary album for Beauty Behind the Madness, poses in the press room during The 58th GRAMMY Awards at Staples Center on February 15, 2016 in Los Angeles, California.  (Photo by Frederick M. Brown/Getty Images for NARAS)
The Weeknd ketika menerima penghargaan Grammy. Foto: Frederick M. Brown/Getty Images
Jakarta -

Nominasi Grammy Awards 2021 telah dibacakan. Nominasi Grammy Awards ke-63 itu mencakup karya yang rilis sepanjang periode 1 September 2019 hingga 31 Agustus 2020. Total ada 83 kategori dalam nominasi kali ini.

Pemenang di ajang itu akan diumumkan dalam penganugerahan Grammy Awards ke-63 yang akan berlangsung pada 31 Januari 2021 waktu setempat disiarkan di CBS.

Beyonce Knowles mendapatkan nominasi terbanyak di ajang penghargaan bagi insan musik mancanegara itu. Total ada sembilan nominasi yang diperoleh mereka.

Namun rupanya tidak semua orang gembira dengan adanya pengumuman tersebut, The Weeknd salah satu yang kecewa. Musisi bernama asli Abel Tesfaye itu tidak memperoleh satu pun nominasi, padahal dia menang di berbagai ajang lainnya.

Tahun ini, The Weeknd mengeluarkan album bertajuk After Hours pada Maret 2020. Blinding Lights merupakan salah satu single dari album tersebut.

Dia pun menceritakan ketidakpuasannya dengan menuliskan kicauan di Twitter yang berbunyi, "Grammy masih saja curang. Kalian berhutang transparansi padaku, penggemarku dan industri (musik)."

Selain The Weeknd, Nicki Minaj juga meluapkan kemarahannya pada ajang Grammy Awards dengan mengungkit luka lama yang dialaminya saat menjadi nominasi Best New Artist pada 2012. Kala itu ia harus merelakan piala tersebut dibawa Bon Iver.

Nicki Minaj menyebutkan jika dirinya merasa dicurangi oleh Grammy yang lebih memilih musisi kulit putih dibandingkan dirinya. Padahal Nicki Minaj meraih sukses besar di tahun tersebut.

"(Aku) tak pernah lupa bagaimana Grammy tak memberikanku piala Best New Artist ketika aku memiliki 7 lagu yang secara bersama-sama masuk di dalam tangga lagu Billboard dan (meraup) lebih besar pada minggu perdana dibandingkan semua rapper wanita pada akhir dekade tersebut," kicaunya di Twitter.

Dia lalu menambahkan, "(Dan) mereka memberikannya pada Bon Iver si kulit putih."

Selama beberapa tahun, terbilang Nicki Minaj sudah 10 kali masuk menjadi nominasi namun tak ada piala yang berhasil dibawanya pulang. Pada ajang Grammy 2021 malah lebih parah lagi, Nicki Minaj tak masuk dalam nominasi apapun.



Simak Video "The Weeknd Vs Grammy Awards: Boikot dan Tudingan Korupsi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/wes)