Momen Kembalinya Fiersa Besari dalam 20:20

ADVERTISEMENT

Momen Kembalinya Fiersa Besari dalam 20:20

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 17 Des 2020 19:39 WIB
Fiersa Besari
Foto: dok. Fiersa Besari
Jakarta -

Fiersa Besari telah vakum selama satu tahun dari panggung musik. Kini dirinya akan merilis album yang menandai kembalinya ia ke dunia hiburan. Album itu berjudul 20:20 dan akan dirilis pada 20 Desember 2020.

Musisi yang juga penulis itu telah menyiapkan 16 lagu yang berisikan empat lagu baru dan 12 lagu lama. Empat lagu baru itu berjudul Daftar Orang Hilang, Kamu, Melawan Hati dan Namamu.

12 lagu lama yang dirangkum Fiersa Besari dalam album 20:20 itu merupakan lagu yang terdapat dalam berbagai proyek musik, misalnya soundtrack.

"Jadi yang 12 ini memang awalnya dibuat karena iseng, seliweran di dunia maya dan kayaknya sudah waktunya untuk dirapihkan," kata Fiersa Besari dalam siaran pers yang diterima detikcom.

Karena merampungkan albumnya di masa pandemi, Fiersa Besari pun melakukan rekaman dan proses mixing secara mandiri di Bandung. Namun, ia turut dibantu oleh Dikuy dari Wonderwall Bandung untuk mengurusi proses produksi.

Meski proses persiapannya dilakukan di masa pandemi, tetapi, Fiersa Besari merasa tidak ada kendala yang berarti dalam proses penggarapannya.

Menurut Fiersa Besari, tantangan terbesar dalam proses penggarapan album tersebut hanyalah karena ia sudah lama tidak bernyanyi dan harus bersamaan mengerjakan hal lain.

"Karena banyak yang harus direkam dan saya juga menyambi mengerjakan hal lain. Kendalanya mungkin dari saya yang sudah lama nggak nyanyi secara profesional, jadi memanaskan kembali pita suara," ujar dia.

Salah satu lagu baru yang disiapkan Fiersa Besari dalam albumnya adalah Daftar Orang Hilang. Lagu itu bercerita mengenai aktivis dan demonstran yang hilang tanpa diketahui rimbanya.

"Dan meskipun fisik mereka tidak terlihat tapi perjuangannya terus diwariskan, tidak akan padam walau dibungkam," tutur Fiersa.

Dalam album itu, Fiersa Besari juga bekerja sama dengan Bem Andry dalam lagu berjudul Kamu. "Ini yang unik, untuk pertama kalinya saya membawakan lagu ciptaan orang lain, yaitu sahabat saya, Bem Andry," jelas dia.



Simak Video "Keisya Levronka Berharap Bisa Kolaborasi dengan Fiersa Besari"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT