Profil Tulus, Nyanyi Sepatu Hingga ke Luar Negeri

Nanda Alifah - detikHot
Rabu, 16 Des 2020 11:53 WIB
Konser Tulus
Profil Tulus, penyanyi berderet kesuksesan Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Tulus memiliki nama lengkap Muhammad Tulus, lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat. Dia merupakan seorang penyanyi, penulis lagu sekaligus arsitek. Profesinya sebagai arsitek itu dijalani Tulus setelah tamat dari studinya di Universitas Katolik Parahyangan, Bandung.

Lewat lagunya bertajuk Sepatu, nama Tulus semakin menanjak di industri musik Indonesia. Penyanyi pria berbakat ini telah memenangkan sejumlah penghargaan lewat karya-karyanya yang luar biasa. 50 Penghargaan baik di bidang musik dan sinematografi, telah TULUS dapatkan di 7 tahun perjalanan musiknya.

Pada 2017 lalu, 5 piala AMI Awards dari album Monokrom berhasil diraihnya. Tulus juga sempat dipilih untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya pada upacara pembukaan Asian Games ke-18 yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Nama seperti Davy Linggar, Melati Suryodharmo, Papermoon Puppet Theatre, dan Kendra Paramita adalah 4 diantara banyak nama lain yang penah berkolaborasi dengan Tulus.

Pria berusia 33 tahun ini memang sudah menunjukan bakat menyanyinya sejak kecil meski keluarganya bukanlah keluarga musikus. Sang ibu yang menyadari hal itu memperkenalkan Tulus dengan berbagai aliran jenis musik.

Dalam bermain musik, dia belajar cara mengapresiasi keindahan sambil mempertahankan struktur dan fungsi musik itu sendiri. Sama halnya dengan seni arsitektur yang juga mengaplikasikan tiga fungsi; keindahan, struktur, dan fungsi dalam bangun ruang.

Memiliki Perusahaan Musik Sendiri

Tulus mengawali debutnya sebagai musisi lewat album self tittled yang diproduseri Ari 'Aru' Renaldi, dan didistribusikan oleh Demajors. Album tersebut juga dirilis oleh perusahaan rekaman milik Tulus sendiri, Tulus Company yang dia bangun bersama kakaknya, Riri Muktamar. Sang kakak juga menjabat sebagai produser eksekutif di label tersebut.

TulusCompany selaku label rekaman dan manajemen artis telah merilis 3 kantung album musik untuk Tulus. Semua karya musik yang ada dalam ketiga kantung album musik tersebut adalah hasil karya cipta Tulus.

Beberapa single dari album perdana miliknya kebanyakan dibuat oleh Tulus sendiri, seperti Sewindu, Teman Hidup, Kisah Sebentar, Tuan Nona Kesepian, dan Jatuh Cinta hilir mudik di tangga lagu Indonesia.

Dilansir dari situstulus.com, saat ini lagu-lagu Tulus telah didengarkan sebanyak 97,01 juta kali lewat layanan digital streaming, Spotify. Dia juga menjadi musisi Indonesia pertama yang berhasil meraih 1 juta pelanggan di layanan digital streaming, Spotify. Memiliki 425.668 pelanggan di kanal Youtube MusikTulus, seluruh video Tulus telah disaksikan sebanyak 224.098.506 kali.



Simak Video "Persembahan Tulus Satu Dekade Berkarier : Terlalu Rindu"
[Gambas:Video 20detik]