Round-Up

Lika-liku Kakak Alyssa Soebando Pindah Keyakinan

Tim Detikcom - detikHot
Rabu, 16 Des 2020 05:30 WIB
Ananda Soebandono kakak Alyssa Soebandono
Foto: Instagram @anandasoebandono
Jakarta -

Kakak dari Alyssa Soebandono, Ananda Soebandono, kini memutuskan untuk memeluk agama Kristen. Keputusan itu tidak dibuat dalam waktu singkat. Pergulatan batin dan berbagai lika-liku pernah dilaluinya sebelum akhir memutuskan untuk pindah keyakinan.

Perjalanan Ananda Soebandono hingga menemukan keyakinan yang baru berawal dari masa kecilnya. Saat itu, dia melihat keluarga Ibunya yang ada di Manado. Dari sana, dia mulai mempertanyakan perihal agama.

Semua pertanyaan itu berlanjut sampai Ananda Soebandono remaja dan dewasa. Kebetulan, ia tumbuh di lingkungan dengan mayoritas teman-temannya memeluk agama Nasrani.

"Gue gede di Jakarta, keluarga nyokap semua di Manado. Kayak gue tuh mikir lo tahulah anak kecil, 'Gue tuh siapa sih?'. Gue dikenalkan ini, tapi gue nggak yakin. Gue tanya ke Bokap, tapi nyokap bilang, 'This is your religion.' Gue nggak gubris tapi gue ngerasa kehampaan. Gue nggak mikirin, life goes on," ungkap Ananda Soebandono dilansir dari channel YouTube Diaspora TV.

"Dari gue sekolah banyakan teman-teman gue Kristen, bahkan gue kerja, main bola pun teman gue Kristen. Itu pun nggak gue gubris," sambung dia.

Pencariannya berlanjut hingga duduk di bangku SMA, Ananda menjalin hubungan dengan seorang perempuan Nasrani. Saat itulah dia pertama kali masuk gereja.

"Pernah SMA gue pacaran sama mantan gue orang Kristen, gue mulai ada getaran, tapi nggak gue gubris. Sampai suatu saat pas SMA, dia ajak gue ke gereja. Gue deg-degan nih. Dosa nih gue, dosa nih," kenangnya.

Sampai ketika masuk dunia kerja, Ananda Soebandono merasa hidupnya biasa-biasa saja, justru merasa ada yang kurang. Terlebih, dia kerap merasa hampa. Ada celah kosong dia rasakan di relung hatinya.

Alyssa Soebandono bersama dengan kakak laki-lakinya yang memilih pindah keyakinan, Ananda Soebandono (kanan)Alyssa Soebandono bersama dengan kakak laki-lakinya yang memilih pindah keyakinan, Ananda Soebandono (kanan) Foto: dok. Instagram Alyssa Soebandono

Akhirnya, seorang teman mengajaknya ke gereja. Kakak Alyssa Soebandono itu pun mengiyakan ajakan tersebut. Di situlah dia mulai merasakan lagi kebimbangan.

"One day ada teman gue ngajak, 'Nan besok lu mau ngapain?'. Gue bilang nggak kemana-mana. 'Besok ikut gue yuk ke gereja!' Nah, gue ditembak gitu, gue nggak mikir dua kali itu gue langsung, 'Oh oke ayo'. Gue bingung kenapa gue langsung jawab," cerita dia.

Meski awalnya gugup, Ananda Soebandono akhirnya nyaman mendengarkan khotbah di gereja pada hari itu. Saat itu, materi khotbah yang dibawakan tentang jati diri.

"Kalimat dia, dia bilang gini 'Untuk tahu siapa jati diri kamu, kamu harus tahu siapa yang tinggal di dalam kamu di dalam hati kamu'. Gue jadi kepikiran jadi kayak ini apa artinya, maksudnya apa," tutur Ananda.

Saat itu, Ananda Soebandono pun ikut berdoa. Dia meminta diperlihatkan dan diberikan jawaban atas kebingungannya untuk pindah agama.

"Gue doa, 'Ya Allah aku ingin tahu siapa jati diri aku sebenarnya, aku ingin tahu siapa aku sebenarnya. Aku benar-benar mau tahu siapa sih aku yang selama ini merasakan kehampaan'. Nggak tahu gimana gue dapat vision seperti pintu gereja tua itu masih ketutup. Gue pertama kali dalam hidup gue berdoa gue dikasih vision gue deg-degan," ungkapnya.

Ananda Soebandono pun akhirnya berbicara kepada sang teman yang mengajaknya ke gereja. Temannya justru meminta Ananda Soebandono untuk salat dan berdoa. Berkali-kali hal itu dia rasakan sampai dia datang ke gereja untuk ketiga kalinya.

Ananda Soebandono kakak Alyssa SoebandonoAnanda Soebandono, kakak Alyssa Soebandono. Foto: Instagram @anandasoebandono

"Teman gue, kamu coba salat deh, kamu coba berdoa, kamu minta sama Tuhan. Gue pulang, gue salat, salat jumat gue juga salat," tambah Ananda Soebandono.

Akhirnya Ananda Soebandono kembali mendapatkan penglihatan sebuah pintu gereja tua yang terbuka. Yakin akan berpindah keyakinan Ananda Soebandono sempat dapat penolakan dari keluarga seperti yang sudah diulas dalam artikel sebelumnya.

Setelah mendapat restu dari orang tua, kakak Alyssa Soebandono akhirnya resmi memeluk Kristen. Hingga kini, dia sudah berpindah agama selama empat tahun.



Simak Video "Alyssa Soebandono dan Dude Gaspol Mau Nambah Momongan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/srs)