Pindah Keyakinan, Kakak Alyssa Soebandono Bahagia Akhirnya Diterima Keluarga

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 15 Des 2020 06:00 WIB
Alyssa Soebandono bersama dengan kakak laki-lakinya yang memilih pindah keyakinan, Ananda Soebandono (kanan)
Alyssa Soebandono bersama dengan kakak laki-lakinya yang memilih berpindah keyakinan, Ananda Soebandono (Kanan) Foto: dok. Instagram Alyssa Soebandono
Jakarta -

Kakak laki-laki Alyssa Soebandono, Ananda Soebandono memilih untuk berpindah keyakinan. Lahir dan besar di keluarga muslim, Ananda Soebandono memilih untuk memeluk nasrani.

Hal itu diceritakan Ananda Soebandono dalam channel YouTube Diaspora TV. Ananda awalnya menceritakan bagaimana awalnya dia merasa mendapat panggilan untuk berpindah agama.

Sempat bergelut dalam hatinya meyakinkan diri soal keyakinan, kakak Alyssa Soebandono itu akhirnya memutuskan untuk berpindah. Setelah yakin ingin berpindah, akhirnya Ananda meminta izin kepada keluarganya termasuk Alyssa Soebandono.

"Gue cerita ke keluarga gue ada penolakan tentunya. Nyokap gue masih nggak nyangka gue akan ambil keputusan ini, even adik-adik gue. Mereka tahu gue kayak nggak dianggap saudara, kayak 'Mas nggak sayang apa sama daddy? Nggak sayang sama keluarga? Dosa apa yang dilakuin?'" cerita Ananda Soebandono dilansir Selasa (15/12/2020).

Melihat suasana rumah dan keluarganya yang menolak soal keinginannya, Ananda Soebandono sempat memutuskan untuk keluar dari rumah dan nge-kost.

"Gue memutuskan untuk nggak tinggal di rumah gue. Gue cari kost-an, gue akan datang ke rumah gue kalau semua sudah tenang. Sampai akhirnya nyokap, bokap gue nyari gue pakai orang pintar, gue dengar dari orang, kata orang pintar itu 'Hati Ananda itu hitam, dia nggak bisa lihat apa-apa', dalam hati gue, 'Sehebat itu Tuhan Yesus'. Tuhan Yesus udah baik, saking sayang sama lo, dia nutup semuanya," ucapnya.

Ipar Dude Harlino itu memutuskan pindah keyakinan pada Februari 2016. Sebelum dibaptis Ananda Soebandono diminta oleh pastor-nya untuk memohon restu dari orang tua.

"Pastornya memikirkan dan bilang, 'Saya mau baptis kamu tapi kamu coba ngomong minta restu ke orang tua kamu'. Gue deg-degan dong, konflik lagi," ungkapnya.

Berusaha mengumpulkan keberanian, akhirnya Ananda Sorbandono menghubungi Alyssa Soebandono. Dia menghubungi sang adik untuk bertemu di hari ulang tahun sang bunda.

Beruntungnya, Alyssa Soebandono membuka diri dan mau membantu sang kakak bicara di depan keluarganya.

Ananda Soebandono bersama keluargaAnanda Soebandono bersama keluarga Foto: dok. Instagram Ananda Soebandono

"Sampai akhirnya gue chat adik gue Alyssa, gue bilang 'Ca apa kabar? Mas kangen nih sama kalian, boleh nggak tanggal 28 April, nyokap ulang tahun gue dateng, kita ngobrol'. Icha bilang, 'Mas, okay nanti Icha bantu ya'. Adik gue baik nih mau bantuin, tapi sampai sekarang adik gue benar-benar baik sama gue," tutur Ananda Soebandono.

Setelah mendapat angin segar dari Alyssa Soebandono, Ananda memutuskan kembali ke Jakarta. Dia pun berdoa agar kedatangannya kali ini tidak menjadi konflik lagi.

"Gue berdoa, 'Tuhan aku ingin pertemuan kali ini dengan keluargaku tidak ada konflik yang berkelanjutan, aku tidak peduli mereka mau pikir apa, aku hanya mau mereka mendengar dan memahami ceritaku'" ungkap Ananda mengingat doanya dalam perjalanan pulang dari Semarang ke Jakarta.

"Pas gue masuk (rumah), gue lihat adik gue tiba-tiba lari, dia meluk gue, 'Mas Icha kangen' sampai nangis. Nyokap juga lari meluk gue erat banget, 'Kamu ke mana aja sayang?', itu gue nangis langsung sedih," kenangnya.

Dalam pertemuan itu, di hari ulang tahun sang bunda, kedua orang tua Alyssa Soebandono menerima keputusan Ananda untuk berpindah keyakinan.

"Akhirnya ketemu bokap, ngobrol gue ceritain, kenapa gue bisa memutuskan terima Tuhan Yesus, prosesnya itu dan kata-kata bokap gue sih yang benar-benar tajam banget, 'Nanda, no matter what, I still love you, you are my son. Kalau ini hubungan kamu dengan Tuhan, lanjutkan'. Dan di situ gue nangis, 'Terima kasih Tuhan', keluarga gue bisa nerima siapa gue sekarang," ucap Ananda Soebandono.



Simak Video "Alyssa Soebandono dan Dude Gaspol Mau Nambah Momongan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)