DetikHot

celeb

Kisah Spiritual Alyssa Soebandono; Berhijab Saat Menikah dan Jadi Pembicaraan

Selasa, 06 Jun 2017 03:36 WIB  ·   Desi Puspasari - detikHOT
Kisah Spiritual Alyssa Soebandono; Berhijab Saat Menikah dan Jadi Pembicaraan Foto: Grandyos Zafna/detikFoto
Jakarta -

Nama Alyssa Soebandono muncul dalam deretan artis cantik yang hijrah dengan menggunakan hijab dalam kehidupan keseharaiannya. Keputusan Alyssa untuk berhijab pun sempat menjadi pembicaraan lantaran dianggap mendadak dan bersamaan dengan prosesi ijab qobul-nya dengan Dude Harlino.

Dalam Hijrah Selebriti kali ini, Alyssa Soebandono menceritakan awal mula bagaimana dirinya memilih untuk mengenakan hijab. Menurutnya, proses berhijrah sebenarnya tidak perlu diketahui oleh semua orang. Bagi Alyssa Soebandono yang terpenting adalah, bagaimana dirinya menjadi seseorang yang lebih baik dan berusaha istiqomah dengan keputusannya.

"Ehm, awalnya sih sebenarnya jadi waktu tahun 2013 pertengahan, jadi sekitar bulan April atau Mei, waktu itu belum nikah sebenarnya. Jadi ada pemotretan untuk sebuah majalah yang target audience-nya kaum muslimah. Jadi semua modelnya di-cover majalah tersebut, terlepas mereka belum berhijab harus pakai hijab untuk jadi cover majalah tersebut," cerita Alyssa mengawali kisahnya dengan detikHOT di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Tonton video cerita Alyssa Soebandono di 20Detik:

"Waktu itu saya foto untuk majalah tersebut dan saya mengenakan hijab memang. Terus mulai kepikiran kayak enak juga ya ternyata nyaman juga," lanjutnya.

Meski sudah merasa nyaman, perempuan yang akrab juga disapa Ica itu masih belum bisa memutuskan untuk berhijab. Itulah proses, kata Alyssa, ada saja hal yang mengharuskan dirinya belum bisa berhijrah. Hingga akhirnya, saat dia sedang mempersiapkan pernikahan dengan Dude Harlino, pikiran untuk berhijab kembali muncul.

"Di situ saya juga bilang, kayaknya nanti pas ijab qobul pengen pakai hijab deh. Terus Kak Dude kaget sih pas dengar itu. Karena tidak pernah ada omongan apa-apa, Ica pun juga saat itu belum mengutarakan ada kepikiran ke sana sejak proses bulan Mei itu," ungkapnya saat itu.

Melihat keinginan Alyssa yang bisa dibilang positif, Dude Harlino pun sangat mendukung keputusan tersebut. Mendapat dukungan dari orang-orang terdekatnya, Alyssa Soebandono kembali memperkuat keinginannya untuk berhijrah dengan melakukan salat istikhoroh.

Setelah bergelut sekian lama, akhirnya hidayah muncul lewat mimpi pesinetron berusia 25 tahun itu. Dalam mimpi tersebut Alyssa kembali diyakinkan untuk berhijab.

"Sampai akhirnya mungkin, dari pertanyaan-pertanyaan yang datang dalam diri saya sendiri, terjawablah lewat mimpi. Beberapa kali sempat mimpi, dan mimpinya itu adalah intinya gimana meyakinkan saya untuk mengenakan hijab. Dari situlah akhirnya yakin kayaknya udah nggak bisa ditunda lagi nih," kata Alyssa dengan mantap.

"Dan, kebetulan saat itu ada kontrak yang berhubungan dengan rambut. Di mana kontrak tersebut selesai sebelum menikah. Sekitar sebulan sebelum menikahlah, jadi momennya pas lah. Nah, karena kontrak itu selesai, saya sudah mengutarakan untuk mengenakan hijab, semua pihak juga setuju, mereka ngerti. Ya sudah akhirnya Insya Allah pas ijab qobul sudah pakai hijab," lanjutnya.

Muncul perdana di depan umum mengenakan hijab yakni saat melakukan ijab qobul dengan Dude Harlino pada tahun 2014 silam. Perubahan penampilannya pun langsung menjadi sorotan, banyak pertanyaan yang menyerbunya.

Salah satu yang paling menohok adalah tudingan kalau dirinya berhijab lantaran menikah dengan seorang Dude Harlino. Padahal, tuduhan tersebut menurutnya sangat salah.

"Mungkin sangat wajar orang menyangkanya ini pasti dipaksa nih, ini pasti disuruh nih karena orang mengenal sosok Kak Dude seperti apa, terus kita menikah, tiba-tiba Ica muncul mengenakan hijab. Itu, orang pasti mengiranya akan ada prasangka-prasangka seperti itu," ujar pesinetron yang mulai dikenal lewat perannya dalam sinetron 'Inikah Rasanya' itu.

"Cuma yaitu, kita sebenarnya nggak perlu bilang ke orang-orang prosesnya bagaimana, tapi memang yang dari awal harus ditekankan adalah tidak ada paksaan. Allah itu, akan memberikan hidayah pada kita, kalau kita ingin mencarinya," ujar Alyssa.

"Sebenarnya bukan nunggu hidayah datang, tapi memang kita nggak akan pernah menyangka hidayah yang saya dapat ketika menjelang nikah. Saya sih lebih bersyukur karena bertemu dengan orang yang bisa membawa kehidupan ke arah yang lebih baik, dan bisa membimbing saya," tegas Alyssa.

Alyssa justru bersyukur mendapat suami yang bisa membuatnya lebih baik dan teman untuk berdiskusi. Alhasil, diriya pun semakin yakin apa yang sudah menjadi niatnya bukan hal yang salah atau sebuah pilihan.




(pus/ken)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20
FOKUS BERITA:Hijrah Artis
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed