Wawancara Eksklusif

Cerita di Balik Tangis Andika Mahesa dalam Reuni Kangen Band

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Minggu, 13 Des 2020 19:20 WIB
Konser Kangen Band Reunian
Tangis Andika Mahesa saat reuni Kangen Band. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Kangen Band kembali bergabung dan bermusik bersama. Untuk menandainya, mereka menggelar konser virtual bertajuk Benci Tapi Kangen di detikcom. Jelang lagu terakhir, suasana haru memenuhi hati Andika Mahesa.

Dia bahkan menitikkan air mata ketika membawakan Tentang Aku, Kau dan Dia. Dirinya mengaku tidak menyangka bisa kembali bermusik bersama teman-teman lamanya setelah delapan tahun terpisah.

Kenangan merintis karier bersama, membangun band mereka dari nol hingga dikenal lalu bubar terputar di benaknya. Ia pun tak kuasa menahan tangis harunya.

"Perasaan gue tuh sedih banget rasanya dengerin ear monitor, nggak nyangka bakal gabung lagi kan, dengan versi yang berbeda biarpun tertatih, Kangen Band kan punya kita. Terus kami harus semakin dewasa kan kalau kata Dodhy kan. Ya gue renungin," cerita Andika dalam wawancara dengan detikcom, baru-baru ini.

Andika Mahesa mengenang Tentang Aku, Kau dan Dia adalah lagu yang penting bagi perjalanan karier Kangen Band. Lagu itu menjadi salah satu hits melambungkan nama mereka.

"Lagu itu yang jadi hits, lagu itu yang benar-benar ngebawa kami sampai Jakarta, dikenal orang, tiba-tiba manggung lagi, biasanya cuman berdua Dodhy, sekarang dengan formasi yang komplet, ya ada ngerasa yang berbedalah, mudah-mudahan kami semakin dewasa," tutur dia.

Kini Kangen Band telah bergabung kembali dengan formasi yang diisi oleh Andika (vokal), Dodhy (gitar), Izzy (kibor), Tama (gitar,) dan Bebe (bass).

Dodhy bercerita, mereka telah memiliki rencana jangka panjang untuk Kangen Band. Setidaknya sepanjang 2021, mereka berencana mengeluarkan single setiap bulannya di tanggal 1.

"Kalau sekarang kan digital ya, nggak jual fisik. Jadi kita keluar ya di digital platform saja. Jadi keluar biar si Kangen ini memenuhi jejak digital, nggak kosong, biar kelihatan aktif. Jadi kami jaga keaktifan Kangen Band ini. Kami juga harus aktif mengeluarin produk-produk kami," terang Dodhy.

Ketika ditanyai mengenai rencana tur, Dodhy mengatakan sebenarnya ia dan rekan satu bandnya sangat ingin tampil di banyak kota, bertemu dengan penggemar mereka di panggung. Hanya saja, kondisi pandemi saat ini terpaksa membuat mereka harus menunggu sejenak.

"Ini masih (masa pandemi) Covid, mustinya kalau nggak Covid, kami tur. Karena Covid jadi sabar-sabar dulu," kata Dodhy.

(srs/mau)