Mengenal Kangen Band Luar-Dalam di Konser Benci Tapi Kangen

Tim Detikcom - detikHot
Sabtu, 05 Des 2020 00:56 WIB
Kangen Band Reunian di detikcom
Kangen Band. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Setelah delapan tahun vakum dari industri musik Tanah Air, Kangen Band akhirnya kembali bergabung bersama dalam format reunian. Formasi mereka kini diperkuat oleh Andika (vokal), Dodhy (gitar), Izzy (kibor), Tama (gitar) dan Bebe (bass).

Menandai kembalinya Kangen Band ke dunia hiburan, mereka menggelar konser virtual di detikcom pada Jumat (4/12/2020). Menariknya, konser mereka digelar dalam format vertikal sebagai konser vertikal pertama di Indonesia.

Konser itu dimulai pada 19.00 WIB dibuka dengan diputarnya sejumlah video vox populi dari sejumlah orang. Lalu Kangen Band membuka penampilannya dengan lagu Doy. Kenangan dan nostalgia tampil di panggung mereka malam itu. Sebelum bernyanyi, Andika dan Dodhy yang dikabarkan lama berseteru, saling mengulurkan tangan dan berpelukan.

Selepas lagu Doy dibawakan, komika Awwe bergabung dengan Kangen Band. Awwe tampil jenaka dengan kostum jubah berwarna hitam dan bando taring.

"Ini saya dari jauh dengar suara-suara mistis," kata Awwe membuka candaan. Dia lalu meledek Andika dengan mengatakan, "Kamu kenapa kayak mochi gitu? Ini bedaknya ketebelan," canda Awwe.

Sambil berbincang dengan Kangen Band, Awwe melontarkan beberapa candaan dan pertanyaan. Penonton seakan diajak mengenal kisah dari band asal Lampung itu lebih dalam.

Kangen Band Reunian di detikcomKangen Band Reunian di detikcom. Foto: Rifkianto Nugroho

Mulai dari pertanyaan ringan tentang cerita di balik rambut ikonik Andika hingga kabar kesibukan terbaru Kangen Band. "Gue sih lebih era dulu kayak gitu. Yang gue lihat kan dulu, walaupun dulu gue begitu (gaya rambut dicel), gue kaya," jawab Andika santai sambil tertawa.

Usai berbincang, mereka membawakan Yolanda. Lagu itu terbilang ikonik bagi Kangen Band. Sebab lagu itu menjadi salah satu hits yang turut melambungkan nama mereka.

Ketika ditanyai oleh Awwe siapa inspirasi di balik lagu tersebut, dengan malu-malu Dodhy menjawab, "Ya ada lah, orang lah."

Salah satu bagian yang terbilang mengharukan dari konser tersebut adalah ketika dihadirkan Sujana, mantan manager Kangen Band, melalui telepon video. Sujana yang akrab disapa Om Jan atau Pak Jana itu pun bercerita awal pertemuannya dengan band tersebut hingga mereka hijrah ke Jakarta dan bergabung dengan label rekaman.

"Pertemuan saya dengan Kangen Band itu tahun 2005 atau 2006. Waktu itu saya juga nggak suka, tapi begitu saya ke Lampung, saya lihat mereka punya semangat," kisah Sujana.

Sujana mengenang saat pertama kali berkenalan dengan Kangen Band, pada mulanya ia belum bertemu dengan Andika. Saat itu, sang vokalis tengah mendekam di penjara karena sebuah kasus. Dengan tekad menemui Andika, Sujana pun kembali bertandang ke Lampung.

Pertemuan pertama antara Sujana dan Andika rupanya terbilang berkesan. Sujana sempat meragukan kemampuan bernyanyi Andika hingga akhirnya mendengar sendiri suara dari pria kelahiran 21 Mei 1983 itu.

"Untuk Om Jan makasih banyak, karena jasa-jasa Om Jan juga kami sampai di Jakarta. Pak Jana adalah saksi kunci saya sampe Jakarta. Pertama kali saya bisa naik pesawat," kenang Andika.



Simak Video "Andika 'Kangen Band' Duga Mantan Istrinya Dijebak Kekasihnya"
[Gambas:Video 20detik]