Lil wayne Terancam 10 Tahun Penjara karena Kepemilikan Senjata Api

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 18 Nov 2020 11:45 WIB
INDIO, CA - APRIL 22:  Recording artist Lil Wayne performs onstage during day 1 of the 2016 Coachella Valley Music & Arts Festival Weekend 2 at the Empire Polo Club on April 22, 2016 in Indio, California.  (Photo by Michael Tullberg/Getty Images for Coachella)
Rapper Lil Wayne / Foto: Getty Images
Jakarta -

Rapper Lil Wayne terancam menghadapi hukuman 10 tahun penjara bila terbukti bersalah dalam kasus kepemilikan senjata api dan amunisi. Kasus itu telah diproses di Pengadilan Federal.

Dikutip dari The Associated Press dan NPR, Pengadilan Florida Selatan mengajukan dokumen dengan nama Dwayne Michael Carter Jr. yang teridentifikasi merupakan nama asli dari Lil Wayne.

Dalam dokumennya dijelaskan, rapper berusia 38 tahun itu kedapatan membawa senjata api di pesawat pribadi miliknya pada Desember 2019.

"Mengetahui sebelumnya yang bersangkutan pernah dihukum karena kejahatan serupa, maka dia bisa saja terancam hukuman penjara," tulis dokumen itu.

Kuasa hukum Lil Wayne, Howard Srebnick menjelaskan, "Carter didakwa memiliki pistol berlapis emas di kopernya di pesawat pribadi."

"Tidak ada tuduhan dia pernah menggunakannya, baik mengacungkannya, menggunakannya atau mengancam akan menggunakannya," sambung Howard Srebnick.

Menurut Howard, dakwaan yang menimpa kliennya itu lebih disebabkan oleh catatan Lil Wayne yang pernah terbukti bersalah dalam kasus serupa. Oleh karena itu sebenarnya ada larangan bagi Lil Wayne untuk memiliki senjata api.

"Tidak ada tuduhan yang menyatakan ia adalah orang yang berbahaya. Tuduhan itu ada karena ia pernah dihukum melakukan tindak pidana di masa lalu sehingga dilarang memiliki senjata api," jelas Srebnick.

Kasus terbaru dari pria kelahiran 27 September 1987 itu bermula dari penggeledahan saat tiba di Miami menggunakan pesawat pribadi. Setelah digeledah, ia mengaku memiliki pistol berlapis emas.

Berita mengenai surat perintah penggeledahan, pertama kali diberitakan oleh Miami Herald pada saat itu. Lil Wayne mengatakan kepada penyelidik bahwa pistol itu adalah hadiah Hari Ayah.

Diberitakan pengadilan pertama Lil Wayne akan berlangsung pada 11 Desember 2020. Sebelumnya, Lil Wayne dinyatakan bersalah pada kasusk kepemilikan senjata api pada 2009 di New York.



Simak Video "Kepala SMKN Bawa Senpi di Diskusi Sengketa Lahan, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/doc)