Selain Anggota JKT48, Musisi Lain Juga Pernah Jadi Korban Pelecehan Seksual

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Kamis, 12 Nov 2020 10:08 WIB
A young woman protects herself by hand
Ilustrasi Kasus Pelecehan Seksual Foto: iStock
Jakarta -

Anggota JKT48 berinisial A membuat laporan ke Polda Metro Jaya pada 7 November 2020 terkait tindak pidana pelecehan seksual yang menimpanya. Ketika membuat laporan tersebut, A didampingi oleh pihak manajemennya.

Kabar tersebut telah dibenarkan oleh Rino selaku pihak manajemen JKT48. "Betul, ya, dengan ditemani manajemen seperti yang sudah diinfokan di sosmed kami," tutur Rino melalui pesan singkat kepada detikHOT, Rabu (11/11/2020).

Rupanya A menjadi korban dan prilaku asusila yang diterimanya melalui media sosial Instagram. Tidak hanya berupa verbal, ia juga mendapat kiriman foto tidak senonoh melalui pesan personal atau direct message.



"Kejadiannya tanggal 3 November, habis dia nge-share foto di Instagram ada akun yang nge-dm. Komennya melecehkan sampai mengirim gambar yang nggak pantas," jelas Rino.

Pelecehan seksual telah lama menjadi momok di dunia musik. Bagaimana tidak, kasus itu kerap terjadi dan memakan korban. Tidak hanya di kalangan penggemar, pelecehan seksual juga kerap menimpa para artis.

Kasus ini terus berulang meski telah ditindak dan menjadi pembicaraan khalayak. Nyaris serupa dengan anggota JKT48 inisial A, pedangdut Via Vallen juga pernah mendapat pelecehan seksual melalui pesan pribadi di akun media sosialnya.



Lewat pesan yang dikirimkan ke akun Instagram-nya, seorang oknum yang disebutnya sebagai pesepak bola nasional mengirimkan ajakan untuk tidur bersama dalam bahasa Inggris.

Tidak hanya pesan nakal, Via Vallen juga menerima kiriman gambar. Ia pun tidak ingin tinggal diam, Via Vallen bersuara dengan berharap kejadian yang menimpanya tidak terulang pada perempuan lainnya.

Jauh sebelum kasus pelecehan menimpa Via Vallen, beberapa tahun silam, Dewi Persik juga pernah mendaratkan bogem ke seorang pria yang melakukan pelecehan seksual padanya. Peristiwa itu terjadi ketika ia sedang menjalani wawancara bersama awak media.

Tiba-tiba seorang pria menyentuh dadanya tanpa izin. Geram karena prilaku tidak pantas, Dewi Persik pun meninju pria tersebut.

Penyanyi dan aktris Mian Tiara juga pernah mendapatkan pelecehan seksual. Dirinya dilecehkan aktor senior saat sedangkan terlibat dalam proyek film pendek. Kejadian itu dia buka melalui utas di Twitter pada awal tahun ini.



Pihak manajemen mengatakan pelantun Disapih itu mengunggah utas berisikan cerita pelecehan seksual yang menimpanya itu agar kejadian yang dialami oleh Mian Tiara bisa menjadi pembelajaran dan pemantik untuk korban pelecehan yang selama ini belum berani buka suara.

Gender Specialist dari UNDP, Yenny Widjaja, dalam sebuah diskusi yang digelar di Thamrin, Jakarta Pusat tahun lalu mengatakan bahwa kasus pelecehan seksual yang terjadi di konser sebenarnya merujuk pada sesuatu yang lebih besar lagi, yakni relasi kuasa.

"60 hingga 80 persen korban pelecehan seksual adalah perempuan. Kalau begitu, kenapa? Ternyata penyebabnya adalah karena pelecehan seksual itu lebih dari kejahtan tapi didorong oleh adanya superioritas," jelas Yenny saat itu.



Simak Video "Polisi Ungkap Dugaan Pelecehan yang Dialami Anggota JKT48"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/tia)